Konten dari Pengguna

Pengertian Sepeda Motor Bebek dan Fitur yang Dimilikinya

12 September 2023 20:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Sepeda Motor Bebek. Foto: dok. Unsplash/Gijs Coolen
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Sepeda Motor Bebek. Foto: dok. Unsplash/Gijs Coolen
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian sepeda motor bebek merupakan pengetahuan yang menarik untuk dibahas, khususnya bagi para pencinta otomotif. Saat ini, sudah banyak sekali jenis kendaraan bermotor yang diproduksi dengan fitur yang beragam.
ADVERTISEMENT
Sepeda motor bebek termasuk salah satu kendaraan bermotor yang cukup banyak diminati saat ini. Hal tersebut karena sepeda motor bebek memiliki beberapa fitur yang memudahkan pengguna untuk mengendarai sepeda motor bebek.

Pengertian Sepeda Motor Bebek dan Fiturnya

Ilustrasi Pengertian Sepeda Motor Bebek. Foto: dok. Unsplash/Rohan
Mengutip buku Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (Edisi Revisi), Z. Furqon, S.T. , Drs. Joko Pramono (2021), sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin.
Dua roda yang ada pada sepeda motor tersebut diletakkan dalam satu baris lurus. Ada banyak sekali jenis sepeda motor yang dijual di pasaran, salah satu sepeda motor bebek.
Sepeda motor bebek merupakan suatu jenis sepeda motor yang memiliki penempatan unit mesinnya diposisikan secara horizontal atau relatif mendatar. Biasanya sepeda motor bebek memiliki tangki bensin yang berada di bawah jok pengendara.
ADVERTISEMENT
Sepeda motor dilengkapi dengan berbagai fitur pelengkap, salah satunya adalah gigi dan kopling. Adanya kopling pada sepeda motor bebek membuat akselerasi sepeda motor bebek lebih halus dibanding jenis sepeda motor jenis matic. Motor bebek juga cocok digunakan di jalanan yang curam seperti di pegunungan.
Adanya fitur akselerasi gigi dan kopling tak hanya membuat pengguna lebih nyaman dalam berkendara, namun juga membuat proses pembakaran mesin pada motor menjadi lebih efisien. Dengan begitu, jumlah bensin yang digunakan akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Sejarah Singkat Sepeda Motor Bebek

Ilustrasi Pengertian Sepeda Motor Bebek. Foto: dok. Unsplash/Gerhard Siebert
Mengutip buku berjudul Ensiklopedia Transportasi Dunia, Nuri Mentari Dini (2012: 99), sepeda motor model bebek pertama kali dikembangkan oleh Honda Motor Company pada tahun 1958. Sepeda motor bebek pertama ini dikenal dengan nama Honda Cub atau Honda C100 atau Honda C50.
ADVERTISEMENT
Motor tersebut dilengkapi dengan mesin yang andal dan mudah dirawat. Motor ini berhasil terjual sebanyak lebih dari 60 juta unit pada masa peluncurannya. Kepopuleran sepeda motor bebek ini membuat berbagai perusahaan sepeda motor asal Jepang ikut meniru model sepeda motor ini.
Sekian pembahasan mengenai pengertian sepeda motor bebek yang disajikan lengkap dengan fitur dan sejarahnya. Semoga bermanfaat. (DAP)