Konten dari Pengguna

Pengertian Sepeda Motor Sport dan Jenisnya

11 September 2023 17:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian Sepeda Motor Sport. Sumber: pexels/pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian Sepeda Motor Sport. Sumber: pexels/pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Walaupun populasinya tidak sebanyak sepeda motor bebek dan matic, motor sport adalah salah satu jenis sepeda motor yang cukup populer di Indonesia. Lalu apakah pengertian sepeda motor sport?
ADVERTISEMENT
Penggunaan sepeda motor pada umumnya sangat populer di Indonesia sebagai moda transportasi. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, pabrikan sepeda motor mengeluarkan berbagai jenis sepeda motor yakni tipe bebek, matic dan sport.

Pengertian Sepeda Motor Sport

Ilustrasi pengertian Sepeda Motor Sport. Sumber: pexels/pixabay
Mengutip buku Motorcycle Dynamics, Vittore Cossalter (2006) sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.
Pengertian sepeda motor sport adalah jenis sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang. Posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar aerodinamis.
ADVERTISEMENT
Desain aerodinamis pada sepeda motor sport membuat tekanan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi.
Bodi sepeda motor sport juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah sehingga menyebabkan sepeda motor ini rendah. Hal ini juga dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit. Contoh sepeda motor tipe ini yaitu Honda CBR 250, Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250, dll.
Walaupun memang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pabrikan sepeda motor juga mengeluarkan tipe sepeda motor sport yang ramah jalanan perkotaan. Biasanya tipe ini memiliki mesin rata-rata 150cc.
Dengan mesin yang hanya 150cc, harga sepeda motor sport menjadi lebih murah sehingga pabrikan motor berharap jangkauan konsumen yang ingin menjajal sensasi sepeda motor sport lebih banyak. Contoh sepeda motor sport ber-cc 150 adalah Honda CBR 150, Yamaha Vixion, Suzuki GSX 150 dll.
ADVERTISEMENT
Dengan melihat kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia. Pada akhirnya jenis sepeda motor sport di Indonesia menjadi beragam. Beberapa jenis sepeda motor sport yang ada di Indonesia adalah:
Demikian pengertian sepeda motor sport dan jenisnya. Bagi yang belum pernah mencoba sepeda motor sport, segeralah mencoba sensasi berkendara motor ini.
(ARD)