Pengertian Simbiosis Mutualisme Beserta Contohnya dalam Ekosistem

Konten dari Pengguna
22 Desember 2020 9:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Simbiosis mutualisme sumber foto: Ekosistem coid
zoom-in-whitePerbesar
Simbiosis mutualisme sumber foto: Ekosistem coid
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada ekosistem secara umum, kita mengenal adanya tiga jenis simbiosis yakni simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Namun pada ulasan kali ini, kita hanya akan membahas apa itu simbiosis mutualisme dan apa saja contoh-contoh nyatanya. Yuk kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
ADVERTISEMENT

Simbiosis Mutualisme dan Contohnya

Simbiosis mutualisme merupakan salah satu bentuk hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh dua makhluk hidup di mana keduanya memberikan dan mendapatkan keuntungan satu sama lain lewat interaksi tersebut. Sedangkan sebaliknya, jika interaksi tersebut tidak terjadi, maka keduanya juga akan sama-sama dirugikan.
Oleh sebab itu dalam ekosistem biologi, kedua makhluk hidup yang saling bergantung tersebut harus selalu terjaga hubungannya agar kehidupannya tetap lestari. Contoh nyata dari simbiosis mutualisme yang paling mudah untuk dipaparkan ialah interaksi antara serangga dengan tanaman berbunga.
Interaksi antara serangga seperti kupu-kupu atau lebah dengan tanaman berbunga sangatlah menguntungkan bagi kedua makhluk hidup tersebut. Pasalnya untuk dapat berkembang biak, tanaman berbunga membutuhkan bantuan serangga untuk mempercepat terjadinya proses penyerbukan. Sedangkan lebah atau kupu-kupu juga dapat diuntungkan karena dapat menghisap sari-sari makanan lewat bunga yang telah dibantu proses penyerbukanya.
ADVERTISEMENT
Selain contoh tadi, hubungan simbiosis mutualisme juga terdapat di dalam tubuh kita lho! Tepatnya di dalam sistem pencernaan manusia yakni usus. Di dalam usus kita terdapat bakteri bernama E.Coli yang bermanfaat untuk mempercepat pembusukan pada usus dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Dengan adanya bakteri tesebut dalam sistem pencernaan, manusia tentu sangat diuntungkan, sedangkan bakteri E. Coli juga diuntungkan karena dapat menyerap sisa-sisa sari makanan yang ada di dalam saluran usus.
Berdasarkan dua contoh simbiosis mutualisme di atas, semoga kamu bisa semakin memahami apa itu pengertian simbiosis mutualisme dan apa saja contoh nyatanya dalam kehidupan atau dalam ekosistem ya! Semoga ulasan tadi dapat menambah kepahamanmu terkait materi simbiosis dalam mata pelajaran Sains. (HAI)
ADVERTISEMENT