Pengertian Teks Nonfiksi, Ciri-ciri, dan Jenis-jenisnya

Konten dari Pengguna
1 September 2021 10:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh buku yang menyajikan teks non fiksi. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Contoh buku yang menyajikan teks non fiksi. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Dalam suatu karya penulisan, kita mengenal adanya teks fiksi, dan juga teks nonfiksi. Teks fiksi murni lahir dari imajinasi penulis, dan tidak membutuhkan pembuktian lebih lanjut dengan menggunakan penelitian ilmiah, dan tidak memerlukan sumber penulisannya. Sedangkan teks nonfiksi tentunya berbeda. Apa maksudnya?
ADVERTISEMENT

Pengertian Teks Nonfiksi, Ciri-ciri, dan Jenis-jenisnya

Dalam buku Teori Pengkajian Fiksi, Burhan Nurgiantoro (2018:2) mengemukakan, bahwa karya sastra dibagi menjadi dua, yakni karya sastra nonfiksi dan fiksi. Pengertian karya sastra nonfiksi merupakan karya sastra yang dituliskan berdasarkan kajian keilmuan dan atau pengalaman, sedangkan karya sastra fiksi merupakan cerita rekaan atau cerita khayalan dari penulis semata. Bagaimana dengan teks nonfiksi?
Dikutip dari buku Strategi Know-Want To Know-Learned Dan Strategi Direct Reading Thinking Activity Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar, Prasetya Andika Wijaya , Prof.Dr. Joko Sutarto, M.Pd. , Prof.Dr. Ida Zulaeha, M.Hum. (2021:xiii), teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks nonfiksi dapat ditemukan dalam artikel surat kabar atau majalah, laporan karya ilmiah, atau biografi.
ADVERTISEMENT
Teks Nonfiksi terbagi menjadi dua jenis, antara lain:
Pada teks nonfiksi murni, pengembangan tulisan berdasarkan data-data yang asli dan otentik, berdasarkan penelitian, dan memiliki bukti pendukung yang jelas.
Contoh teks nonfiksi murni adalah makalah, karya ilmiah, skripsi, thesis, biografi, dan jurnal.
Pada teks nonfiksi kreatif, tulisan berdasarkan sumber yang otentik, namun kemudian dikembangkan berdasarkan imajinasi penulis. Salah satu karya teks nonfiksi kreatif yang terkenal adalah novel Da Vinci Code karya Dan Brown yang memadukan fakta dan sejarah dengan kisah imajinatif yang menarik di dalamnya.
Ilustrasi Teks Nonfiksi, sumber foto Jodie Cook via https://unsplash.com/
Teks nonfiksi biasanya memiliki ciri-ciri berikut ini:
ADVERTISEMENT
Sedangkan karakteristik teks nonfiksi, memuat beberapa hal seperti berikut:
Bahasa yang digunakan dalam teks nonfiksi menggunakan bahasa denotatif, atau bahasa dalam makna yang sebenarnya, agar pembaca bisa memahami isinya dengan mudah.
Teks nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan penelitian dari data sebenarnya, dan didukung oleh sumber rujukan yang valid, sehingga bisa dijadikan sumber referensi oleh pembaca.(IJS)