Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 14:46
·
waktu baca 1 menit

Pengertian Tulang Pipih dan Perbedaannya dengan Jenis Tulang Lain

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian Tulang Pipih dan Perbedaannya dengan Jenis Tulang Lain (256369)
searchPerbesar
Ilustrasi Tulang. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Terdapat banyak tulang yang menyusun tubuh manusia. Berdasarkan bentuknya, tulang keras dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Dikutip dari buku Seri IPA Biologi SMP Kelas VII yang ditulis oleh Deswaty Furqonita (2007: 48), tulang keras adalah tulang yang mengalami proses pengerasan (osifikasi) dan tersusun atas sel-sel hidup (osteosit).
ADVERTISEMENT
Artikel kali ini akan membahas tulang pipih dan perbedaannya dengan jenis-jenis tulang lainnya.
Pengertian Tulang Pipih dan Perbedaannya dengan Jenis Tulang Lain (256370)
searchPerbesar
Ilustrasi Tulang. (Foto: https://pixabay.com/id/)

Tulang Pipih

Tulang pipih merupakan tulang yang berbentuk pipih, yang terdiri atas dua lapisan jaringan tulang keras dan lapisan tulang seperti spons di dalamnya. Pada lapisan tulang yang seperti spons, terdapat sumsum merah yang berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Adapun fungsi tulang pipih adalah untuk menyediakan permukaan luas untuk tempat melekatnya otot-otot. Contoh tulang pipih adalah tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang dada, dan tulang belikat.
Nah, setelah mengetahui penjelasan tentang tulang pipih. Berikut penjelasan mengenai tulang pipa dan juga tulang pendek.
1. Tulang pipa
Tulang pipa atau biasa disebut juga tulang panjang berbentuk pipa dengan bagian tengah yang berlubang. Setiap tulang pipa terdiri atas bagian batang dan dua bagian ujung. Adapun fungsi tulang pipa adalah sebagai alat ungkita dari tubuh. contoh tulang pipa adalah tulang lengan atas, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang paha, dan tulang betis.
ADVERTISEMENT
2. Tulang pendek
Tulang pendek berbentuk bulat pendek dan umumnya tidak beraturan. Bagian dalam tulang pendek seperti tulang pipih. Contoh tulang pendek adalah tulang pergelangan tangan dan tulang pergelangan kaki.
Tulang-tulang di atas dibungkus dengan lapisan kulit khusus, sehingga apabila tulang patah, lapisan kulit tersebut membantu untuk membuat tulang baru. Hal tersebut membantu tulang untuk bagian yang rusak. Itulah pengertian mengenai tulang pipih dan perbedaannya dengan tulang lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)