Penjelasan Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Konten dari Pengguna
20 Oktober 2021 14:14
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penjelasan Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup (138469)
searchPerbesar
Ilustrasi klasifikasi makhluk hidup. Sumber: https://www.freepik.com/
Sebanyak kurang lebih 8,7 juta spesies makhluk hidup hidup di bumi. Dengan banyaknya jumlah spesies yang ada, tentu sangat sulit diketahui tanpa adanya pengelompokan. Sejak dahulu para ahli sudah memikirkan hal ini. Kemudian ditemukan cara untuk menentukan spesies-spesies yang ada dengan cara mengklasifikasi makhluk hidup.
ADVERTISEMENT
Cara mengklasifikasinya pun beragam dan membutuhkan metode-metode secara ilmiah. Untuk memudahkan dalam mengklasifikasi makhluk hidup, para ahli menggunakan dasar klasifikasi dalam menentukan persamaan dan perbedaan yang dimiliki. Berikut adalah penjelasan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.

Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Mengutip buku IPA BIOLOGI Jilid 1 karya Saktiyono (2007: 44) klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara memilah-milah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan atau unit-unit tertentu. Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan memiliki arti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada mahluk hidup.
Dasar klasifikasi makhluk hidup dapat dikelompokan menjadi beberapa hal, diantaranya:
  • Berdasarkan Persamaan
Klasifikasi pertama adalah persamaan. Mengamati persamaan pada makhluk hidup dapat dengan mengamati ciri-ciri. Misalnya antara sapi dan kerbau. Kedua hewan tersebut termasuk hewan bertulang belakang dan menyusui. Selain itu dapat dilihat kaki yang berjumlah empat atau tetrapoda.
Penjelasan Dasar-Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup (138470)
searchPerbesar
Ilustrasi klasifikasi penduduk. Sumber: https://www.freepik.com/
  • Berdasarkan Perbedaan
ADVERTISEMENT
Meskipun sapi dan kerbau merupakan satu kelompok hewan menyusui atau mamalia, namun kedua hewan ini juga memiliki perbedaan. Seperti sapi merupakan hewan jinak dan sering dimanfaatkan dagingnya. Sementara kerbau adalah hewan dengan daya tahan yang tinggi, sehingga kerbau sering dimanfaatkan dalam kegiatan pertanian.
  • Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi
Hal pertama yang dilihat dalam membedakan makhluk hidup adalah melihat bentuk luar. Misalnya bulu maupun bentuk paruh burung. Tidak berbeda jauh pada tumbuhan. Hal yang diamati pertama adalah bentuk fisik tumbuhan, seperti bentuk pohon, daun, buah, warna bunga, dan lainnya. Ciri-ciri ini dinamakan morfologi. Apabila diamati secara teliti seperti kambium, sel, maupun berkas-berkas pengangkut, ciri-ciri ini disebut anatomi.
  • Berdasarkan Ciri Biokimia
Bagaimana cara membedakan makhluk hidup kembar apabila secara fisik sama persis. Nah, cara yang dapat digunakan adalah dengan biokimia. Biokimia adalah cara mengetahui klasifikasi mahkluk hidup dengan menggunakan unsur-unsur kimia. Misalnya dengan enzim, protein, maupun DNA. Sebab setiap makhluk hidup mempunyai unsur kimia yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
  • Berdasarkan Manfaat
Mengklasifikasi juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk memudahkan manusia dalam memilah. Misalnya dalam memilih antara wortel, kentang, dan lobak. Walaupun ketiga sayuran ini termasuk sayuran yang tumbuh dalam tanah, namun manusia dapat secara mudah dapat membedakkannya seperti warna, rasa, maupun ukuran. selain itu ketiga sayuran sering kali digunakan dalam berbagai bahan dalam makanan.
Dengan mengetahui klasifikasi makhluk hidup dapat memudahkan, terutama manusia membedakan makhluk hidup satu sama lain. Sehingga tidak tertukar satu sama lain, Walaupun mahkluk hidup tersebut sama persis jika dilihat dari bentuk fisik. (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020