Bisnis
·
20 Juli 2021 17:17
·
waktu baca 1 menit

Penulisan Ijin atau Izin yang Benar Menurut KBBI

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Penulisan Ijin atau Izin yang Benar Menurut KBBI (913399)
searchPerbesar
Ijin atau izin. Sumber: unsplash.com
Sebagian orang pasti bingung manakah yang benar, ijin atau izin? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, tentu terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana peraturan penggunaan kata asing dalam bahasa Indonesia.
ADVERTISEMENT
Petunjuk penggunaan kata baku dan ejaan kata sudah dijelaskan secara rinci dalan Pedoman Umum Ejaaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Pada zaman dulu mungkin penggunaan kata ijin lebih lumrah daripada izin. Hal ini karena dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang terbit pada tahun 1988, kata ijin merupakan serapan dari kata izin yang berasal dari bahasa Arab.

Penulisan Ijin atau Izin yang Benar Menurut KBBI

Penulisan Ijin atau Izin yang Benar Menurut KBBI (913400)
searchPerbesar
Ijin atau izin. Sumber: unsplash.com
Menurut buku Kamus Bahasa Indonesia karya Ernawati Waridah dan Tim Redaksi (2017), sudah jelas bahwa antara ijin atau izin, penulisan kata baku yang benar adalah izin. Kata izin ini bersifat formal dan baku sehingga penulisannya harus benar, khususnya pada penulisan surat atau dokumen-dokumen penting lainnya.
Sayangnya hingga kini masih banyak orang yang keliru terkait penulisan ijin atau izin, terutama jika sudah diberi tambahan imbuhan. Sering kali kita bingung harus menggunakan kata perijinan atau perizinan ketika akan menulis surat. Meski secara umum, kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, namun kata ijin merupakan contoh penulisan kata tidak baku. Jadi, bentuk kata bakunya adalah izin.
ADVERTISEMENT
Lantas, jika ada pertanyaan manakah yang benar antara perijinan dengan perizinan? Sudah jelas jawabannya adalah perizinan. Jadi, pastikan saat Anda menulis surat atau dokumen formal selalu menggunakan kata baku yang sesuai KBBI agar tidak ada kekeliruan, ya. Apalagi jika dokumen tersebut sifatnya penting dan berkaitan dengan instansi tertentu.
Demikian penjelasan tentang penulisan ijin atau izin yang benar menurut KBBI dan wajib Anda perhatikan baik-baik. Setelah menyimak penjelasan tersebut, diharapkan Anda tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Jika merasa ragu dengan penggunaan suatu kata, maka sebaiknya bisa membuka kamus bahasa Indonesia. (Anne)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white