Mom
·
12 Januari 2021 16:12

Pergaulan Bebas, 5 Faktor Penyebab Utamanya!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pergaulan Bebas, 5 Faktor Penyebab Utamanya! (441432)
Ilustrasi Pergaulan Bebas, sumber : Covesia
Pergaulan bebas merupakan salah satu gejala sosial yang masih banyak diabaikan oleh masyarakat, terutama orang tua. Padahal, salah satu peranan yang sangat membantu agar anak terhindar dari pergaulan bebas adalah orang tua. Jika orang tua kurang memperhatikan anak, maka bukan tidak mungkin jika anak tidak memahami lingkungan pergaulannya.
ADVERTISEMENT
Akibatnya anak akan dihadapkan pada masalah yang membuat orang tua malu. Setelah kejadian, orang tua cenderung menyalahkan anak akan hal tersebut. Akibatnya, anak akan semakin tertekan dan mengakibatkan sesuatu yang tidak diinginkan. Ada baiknya untuk mengetahui faktor penyebab dari pergaulan bebas sejak dini.

Tingkat Pendidikan Keluarga yang Minim Jadi Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Salah satu faktor utama penyebab anak mengalami pergaulan bebas adalah minimnya tingkat pendidikan di dalam keluarga. Orang tua tidak melakukan pengawasan secara intens yang mengakibatkan anak terjerumus tanpa tahu itu benar atau tidaknya.
Contohnya adalah orang tua memberi izin anak untuk berpacaran, tapi orang tua tidak melakukan pengawasan.
Broken Home
Penyebab utama yang kedua paling banyak dialami oleh anak pergaulan bebas adalah broken home. Biasanya broken home diartikan sebagai anak yang orang tuanya mengalami perceraian. Padahal, broken home tidak selamanya berati itu. Seorang anak yang tidak betah atau merasa tidak nyaman di rumah sudah termasuk mengalami broken home.
ADVERTISEMENT
Itulah penting untuk mengajak anak berbicara, membuatnya menceritakan apa hal yang terjadi padanya, dan sebagainya. Apalagi saat anak semakin bertumbuh besar yang biasanya membuat kedekatan dengan orang tua menjadi renggang.
Ekonomi Keluarga
Penyebab ekonomi keluarga menjadi salah satu faktor penyebab utama seorang anak mengalami pergaulan bebas. Hal ini tentunya akan membuat anak putus sekolah karena ekonomi yang rendah. Ditambah jika keluarga tidak mendukung dan tidak berusaha. Akibatnya, kurang ilmu dan pendidikan membuat anak tanpa sadar terjerumus.
Kondisi Lingkungan
Memperhatikan kondisi lingkungan juga sangat penting untuk pergaulan anak. Terkadang anak bisa terjerumus karena pergaulannya yang kurang baik. Sebagai orang tua, Anda bisa membantu anak untuk mengingatkan mana lingkungan yang baik dan buruk.
ADVERTISEMENT
Penyalahgunaan Internet
Saat ini akses internet sangat mudah dilakukan. Ada baiknya orang tua memantau anak dalam mengakses internet. Pasalnya, dari internet anak-anak bisa meniru apa yang ditonton. Secara tidak langsung, dia akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas.(ANG)