News
·
1 Desember 2020 13:28

Pergaulan Bebas dan Dampak Negatifnya Bagi Remaja

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pergaulan Bebas dan Dampak Negatifnya Bagi Remaja (385526)
searchPerbesar
Stop Pergaulan Bebas. Sumber: 123rf.com
Pergaulan bebas merupakan hal yang perlu kita jauhi karena bisa menimbulkan berbagai dampak buruk. Remaja adalah kategori usia yang sedang senang-senangnya untuk bergaul atau berteman dengan sekelompok orang. Namun, pastikan bahwa circle pertemananmu itu tetap mengedepankan norma dan nilai-nilai moral yang baik dan tidak menjerumuskanmu ke dalam sesuatu yang membahayakan.
ADVERTISEMENT
Sebagian besar dari kita tentu sudah mengenali beberapa contoh pergaulan bebas, mulai dari kebiasaan clubbing dan meminum minuman beralkohol, penyalahgunaan narkoba, hingga melakukan seks bebas di luar pernikahan. Selain itu, kenakalan remaja lainnya seperti tawuran dan membuat kericuhan juga termasuk ke dalam contoh pergaulan yang bebas dan salah, lho!

Pergaulan Bebas dan Dampaknya

Pada umumnya, pergaulan yang bebas diawali oleh besarnya rasa ingin tahu oleh sekelompok remaja tanpa pengawasan ketat dari orang dewasa atau orang tua. Oleh karena itu, setiap orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan anak-anaknya untuk menjauhi lingkungan pergaulan yang salah dengan cara yang baik dan dapat diterima oleh mereka.
Bagi para remaja khususnya, dampak buruk dari pergaulan bebas bisa mengintai dan merusak masa depan kapan saja. Adapun dampak negatif dari salah pergaulan yang bisa mengancam ialah seperti terbiasa melakukan hal-hal kriminal, overdosis obat-obatan terlarang atau narkotika, kecanduan miras akut, terkena virus HIV/AIDS, dan terjadinya kehamilan di luar nikah hingga melakukan praktik aborsi yang melanggar hukum. Selain berdampak pada fisik diri sendiri, kesehatan mental juga bisa terancam jika lingkungan sosial mulai mengecam dan mengucilkanmu.
Pergaulan Bebas dan Dampak Negatifnya Bagi Remaja (385527)
searchPerbesar
Ilustrasi Keceman yang Berpengaruh pada Kesehatan Mental. Sumber: Depositphotos.com
Kamu tentu tidak ingin masa depanmu rusak begitu saja karena pergaulan bebas bukan? Oleh karena itu, jauhilah pergaulan atau pertemanan yang salah agar hidup dan masa depanmu tetap tertata dengan baik. (AA)
ADVERTISEMENT