News
·
14 Januari 2021 9:32

Perjanjian Saragosa, Dampak Bagi Spanyol dan Kedudukannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Perjanjian Saragosa, Dampak Bagi Spanyol dan Kedudukannya (1265211)
searchPerbesar
Ilustrasi Perjanjian Saragosa, sumber: Pelajaran Co.id
Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui tentang Perjanjian Saragosa? Materi ini ditemukan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Sejarah. Mungkin masih sedikit yang mengetahui materi tersebut.
ADVERTISEMENT
Saragosa merupakan perjanjian yang dilakukan oleh dua bangsa besar di seluruh dunia. Bangsa yang terlibat adalah bangsa Spanyol dengan bangsa Portugis.
Pertemuan kedua bangsa tersebut diawali dengan berbagai pertikaian. Sampai akhirnya muncul perjanjian Tordesillas dan Saragosa sebagai perjanjian kelanjutannya. Berikut ini beberapa dampak bagi Spanyol karena perjanjian tersebut.

Dampak Perjanjian Saragosa Bagi Spanyol: Gagal Menguasai Wilayah Maluku

Salah satu dampak yang dirasakan oleh bangsa Spanyol akibat perjanjian Saragosa adalah gagal menguasai wilayah Maluku. Hal ini dikarenakan kekuasaan wilayah Maluku jatuh ke dalam tangan Portugis. Salah satu isi dari perjanjian tersebut pun menyuruh bangsa Spanyol untuk berpindah sehingga tidak bisa menguasai Maluku.
Membuat Bangsa Spanyol Lemah Kedudukannya
Perjanjian Saragosa, Dampak Bagi Spanyol dan Kedudukannya (1265212)
searchPerbesar
Sumber ilustrasi: DEA/G. Dagli Orti/Getty Images
Dampak selanjutnya yang dirasakan oleh bangsa Spanyol dari perjanjian Saragosa adalah membuat bangsa Spanyol menjadi lemah kedudukannya. Hal ini dikarenakan tidak bisanya Spanyol dalam menguasai Maluku. Wilayah Maluku sudah terkenal di seluruh dunia dan mendapat julukan sebagai The Richest Island of the World.
ADVERTISEMENT
Alhasil, bangsa yang mampu menguasai wilayah tersebut dinilai sebagai bangsa berkedudukan sedikit tinggi di dunia. Akibatnya, Spanyol berada di bawah kedudukan Portugis dan terpaksa membuat koloni baru di wilayah Kepulauan Filipina. Hal inilah yang membuat kedudukan Spanyol menjadi sedikit lemah.
Adanya Perubahan Pola Pikir Terhadap Bumi
Dampak selanjutnya yang dirasakan oleh bangsa Spanyol akibat perjanjian Saragosa adanya perubahan pola pikir terhadap bumi. Awalnya, banyak yang menganggap bumi mempunyai bentuk yang datar. Namun, setelah adanya perjanjian Saragosa yang mengakibatkan pembagian wilayah, bumi dianggap mempunyai bentuk yang bulat.
Itulah beberapa dampak yang bisa Anda ketahui dari bangsa Spanyol sebagai salah satu bangsa yang terlibat dalam perjanjian Saragosa. Melihat dampak di atas, bangsa Portugis tentunya menjadi bangsa yang mempunyai banyak keuntungan dari hal tersebut.
ADVERTISEMENT
(ANG)