Tekno & Sains
·
14 Desember 2020 19:21

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia (Radio-Internet)

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia (Radio-Internet) (175072)
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Foto: Dok. Primanews
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perjalanannya. Sebab, perkembangan teknologi di Indonesia sudah dimulai hampir satu abad yang lalu.
ADVERTISEMENT
Memang, perkembangan teknologi informasi ini beriringan dengan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan hasil evolusi yang akan terus berlanjut hingga masa depan.
Nah, jika kamu ingin mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu hingga saat ini, khususnya di Indonesia. Simak uraiannya di bawah ini.

Radio sebagai Teknologi Informasi Pertama

Radio menjadi teknologi pertama yang masuk di Indonesia sejak jaman Hindia Belanda. Saat itu, radio tersebut bernama Bataviase Radio Vereniging yang berlokasi di daerah Batavia atau Jakarta. Radio pertama Indonesia diresmikan pada tanggal 16 Juni 29125, kala itu terjadi setelah stasiun radio pertama di Amwreikan dan tiga tahun setelah Inggris dan Uni Soviet.
ADVERTISEMENT

Televisi

Setelah radio, televisi munvul pertama kali di Indonesia pada siaran pertamanya 17 Agustus 1962 melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang berisi siaran tentang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dari istama Merdeka, Jakarta.
Kala itu memang hanya segelintir orang saaja yang bisa menonton, karena televisi menjadi barang yang mahal saat itu. Namun, mulai dari tahun 163-1976, RRI menyebarkan stasiun televisi di berbagai kota mulai dari Yogyakarta hingga kota lainnya.

Satelit

Satelit pertama di Indonesia bernama Palapa. Saat itu satelit ini meriupakan telekomunikasi geostasioner Indonesia yang menjadi pencetus pertama siaran televisi semakin bagus. Saat itu pula hadir berbagai stasiun telebisi swasta seperti RCTI yang pertama muncul pada 24 Agustus 1989, lalu disusul oleh SCTV, ANTV, Indosiar, dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT

Internet

Internet masuk ke Indonesia diperkirakan sama dengan industry pertelevisian, yaitu mulai tahun 1988. Akan tetapi, berdasarkan WHOIS ARIN dan APNIC, protokol internet pertama di Indonesia didaftarkan oleh Univesitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Tapi, internet memang tidak banyak diketahui oleh masyrakat. Sebab, era 1990 internet baru mulai disarakan oleh masyrakat.
Itu dia sejarah singkat dari perkembang teknologi informasi yang ada ada di Indonesia. Memang, kemajuan teknologi sangat terlihat dari masa ke masa, bahkan di masa depan teknologi informasi dan komunikasi akan terus semakin canggih dan mutakhir hingga tidak pernah terbanyangkan sebelumnya.
(RDY)