Tekno & Sains
·
26 Februari 2021 22:14

Peta Minda atau Mind Mapping: Sejarah, Pengertian, dan Cara Membuatnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Peta Minda atau Mind Mapping: Sejarah, Pengertian, dan Cara Membuatnya (2745)
Ilustrasi Peta Miinda. Sumber: Unsplash.com
Peta minda atau mind mapping adalah metode pengembangan ide, gagasan, atau solusi yang dituangkan dalam bentuk cabang bagan konsep. Buzan (2004: 68) menyatakan bahwa peta minda adalah cara yang paling mudah untuk menginput dan memanggil kembali informasi di dalam otak. Sebagai metode manajemen ide yang sangat populer, kenali sejarah, jenis, hingga cara membuat peta minda di bawah ini!
ADVERTISEMENT

Sejarah Peta Minda

Metode peta minda dikenalkan oleh Tony Buzan di tahun 70-an. Konsep ini didasarkan pada kenyataan bahwa otak manusia terdiri dari satu juta sel otak. Sel otak ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pusat (nukleus) dan bagian cabang yang memencar ke segala arah. Pencabangan ini membuatnya tampak seperti pohon dengan berbagai ranting di sekelilingnya (Buzan, 2009:30).
Peta minda akan memberikan gambaran lebih detail mengenai ide yang dibuat. Selain itu juga sebagai metode untuk mencari alternatif opsi atau pilihan lain.

Manfaat Peta Minda

  • Meningkatkan kemampuan mengingat
  • Melatih kemampuan fokus dan konsentrasi
  • Meningkatkan kreatifitas dan imajinasi
  • Menambah efisiensi waktu dalam mempelajari suatu hal
  • Dapat digunakan sebagai metode belajar, pengembangan ide, atau pemecahan masalah
ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Peta Minda

Peta Minda Silabus
Yaitu peta minda yang memberikan gambaran tentang hal-hal yang akan dipelajari. Peta minda jenis ini biasanya dibuat dalam ukuran besar dan ditempel di dinding.
Peta Minda Bab
Yaitu peta minda hasil rangkuman bab-bab yang telah dipelajari. Peta minda bab dibuat secara ringkas, hanya dituliskan poin penting dari tiap bab.
Peta Minda Paragraf
Peta minda jenis ini mirip dengan peta minda bab, hanya saja ada tambahan penjelasan dari setiap bab nya. Peta minda paragraf biasanya ditulis dalam buku kecil.

Langkah Membuat Peta Minda

  1. Siapkan kertas kosong berbentuk mendatar (landscape), tulis ide inti di bagian tengah kertas. Anda juga dapat mengganti atau menambah tulisan dengan gambar agar lebih menarik dan meningkatkan imajinasi.
  2. Cari topik yang berhubungan dengan ide inti. Hubungkan topik-topik ini dengan ide inti hingga membentuk cabang. Tuliskan kata kunci untuk topik cabang ini.
  3. Tambahkan gambar atau ilustrasi di tiap topik cabang.
  4. Beri ruang kosong di kertas untuk menambahkan ide atau gagasan baru.
ADVERTISEMENT

Perangkat Pembuat Peta Minda

Seperti dilansir dari goodfirms.co, beberapa software berikut menyediakan layanan untuk membantu membuat peta minda.
  1. Compendium
  2. Freeplane
  3. Wisemapping
  4. Semantik
  5. Xmind
  6. Coggle
  7. Mindmeister
Anda dapat memulainya dengan menuliskan gagasan paling inti, untuk kemudian dikembangkan menjadi gagasan cabang. Anda juga dapat melakukan kustomisasi warna dan gambar, disesuaikan dengan selera Anda.
Selain yang gratis, beberapa software berbayar berikut juga menyediakan layanan yang sama, dengan fitur yang lebih lengkap. Misalnya Coggle, Mindly, Mindmup, Smartdraw, Cacoo, dan iMindQ. (AA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white