Tekno & Sains
·
15 September 2021 15:26
·
waktu baca 3 menit

Pola Lantai: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pola Lantai: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya (920394)
searchPerbesar
Flickr.com - Apa yang dimaksud pola lantai?
Dalam menari, sering kita dengar istilah pola lantai yang digunakan oleh para penari, tapi sebenarnya apa yang dimaksud pola lantai?
ADVERTISEMENT
Secara sederhana, apa yang dimaksud pola lantai bisa dikatakan sebagai teknik blocking (penguasaan panggung) yang harus dikuasai oleh seorang penari. Dalam Modul Pembelajaran SMP Terbuka Seni Budaya Kelas VII Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari, Sarjiyem dan Frangky (2020), dijelaskan bahwa pola lantai memiliki peranan penting dalam sebuah tarian berkelompok, hal ini berguna agar para penari terlihat kompak.

Apa yang Dimaksud Pola Lantai?

Pola lantai adalah garis dengan bentuk tertentu yang dilalui oleh para penari ketika melakukan gerakan tari, yang membantu para penari memahami formasi tari yang mereka bawakan. Pola lantai digunakan bukan hanya pada tarian berkelompok, tapi juga pada tarian yang ditampilkan individu.
Dalam Buku Tari Tradisi Melayu, Eksistensi dan Revitalisasi Seni, Muhdi Kurnia (2016), dijelaskan bahwa apa yang dimaksud pola lantai adalah sebuah garis atau pola yang dibentuk sebagai cara bagi penari dalam berpindah, bergerak, maupun bergeser ke posisi untuk penguasaan panggung. Garis atau pola yang dimaksud adalah pola garis maya/khayal yang dibuat penari saat melakukan gerakan tari.
ADVERTISEMENT
Fungsi Pola Lantai
  • Membuat gerakan penari terlihat selaras dan sinkron.
  • Membuat penari tidak bertabrakan dengan penari lainnya dalam tarian yang dilakukan secara berkelompok.
  • Membedakan tarian yang satu dan lainnya.
  • Membuat tarian terlihat lebih menarik.
  • Menjadikan penari lebih mudah untuk menguasai panggung dan terlihat jelas oleh para penonton.
Pola Lantai: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya (920395)
searchPerbesar
Flickr.com
Jenis-jenis Pola Lantai
1. Pola Lantai Garis Lurus
Pola lantai garis lurus dibagi lagi menjadi yakni garis lurus horizontal dan garis lurus vertikal. Bila dikembangkan lebih lanjut maka garis ini akan menghasilkan pola lain seperti zigzag, diagonal dan sebagainya.
Garis lurus vertikal menunjukkan hubungan dengan Tuhan sebagai pencipta. Sedangkan garis lurus horizontal menunjukkan hubungan antarmanusia. Pola lantai garis lurus bisa kita lihat pada tari Saman Aceh, tari Bedaya Keraton Jawa, juga tari Baris Gede di Bali.
ADVERTISEMENT
Garis lurus yang dibuat oleh penari menyimbolkan tidak hanya hubungan antarmanusia, tetapi juga dengan Sang Pencipta. Garis lurus juga dimaknai memiliki sikap jujur.
2. Pola Lantai Garis Lengkung
Pola lantai garis lengkung terbagi atas pola garis lengkung atas, pola garis lengkung bawah, pola garis dalam bentuk lingkaran, pola garis membentuk angka delapan dan lain sebagainya. Pola lantai disebut garis lengkung bilamana penari membentuk garis melingkar, lengkung ular, dan pola lantai angka delapan.
Pola ini biasanya lebih sering digunakan pada tari rakyat dan tari tradisional. Contohnya pada tari Kecak di Bali, tari Randai dari Minangkabau, dan tari Gawi dari Flores yang membentuk sebuah lingkaran.
Setelah memahami apa yang dimaksud pola lantai, apakah kamu bisa membedakan pola lantai apa yang digunakan saat menonton sebuah pertunjukan tari? (DNR)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white