News
·
1 Desember 2020 19:22

Proses Terjadinya Hujan Alami dan Buatan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Proses Terjadinya Hujan Alami dan Buatan (247775)
searchPerbesar
Hujan Foto: dok Spectrum News
Proses terjadinya hujan menjadi salah satu hal yang perlu diketahui untuk memperluas dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang alam semesta yang kita tempati ini. Hujan ini sendiri memiliki dua macam, yaitu hujan alami dan hujan buatan. Dari perbedaan proses terjadinya hujan ini juga memiliki perbedaan, apa saja perbedaan proses terjadinya hujan?
ADVERTISEMENT

Proses Terjadinya Hujan dan Penjelasannya

Proses terjadinya hujan yang menyebabkan hujan di suatu wilayah ini terbagi menjadi dua. Pertama hujan alami dan yang kedua adalah hujan buatan. Hujan alami merupakan hujan yang terjadi karena proses alami hasil dari evaporasi atau penguapan air dan transpirasi atau penguapan melalui tanaman yang kemudian terbentuk menjadi awan secara alami.
Berbeda dengan hujan alami, hujan buatan merupakan hujan yang terjadi hasil dari usaha yang dilakukan untuk mendorong dan mempercepat terjadinya hujan dengan mengumpulkan uap air yang ada di udara untuk dapat melakukan kondensasi dengan cepat agar terjadi titik air di awan yang kemudian akan menjadi penyebab terjadinya hujan buatan.
Proses Terjadinya Hujan Alami dan Buatan (247776)
searchPerbesar
Hujan Foto: dok Informalnewz

Proses Terjadinya Hujan Alami

  1. Sinar matahari yang panas menyinari beberapa permukaan bumi yang digenangi air seperti laut atau sungai serta sumber air
  2. Dari sinar matahari yang memanaskan permukaan bumi yang digenangi air tersebut, menyebabkan adanya proses evaporasi atau penguapan.
  3. Proses evaporasi atau penguapan tersebut membentuk awan yang mengandung butiran-butiran air.
  4. Awan yang telah mengembun atau berkondensasi ini akan terdorong oleh angin dan menurunkan hujan di berbagai tempat.
ADVERTISEMENT

Proses Terjadinya Hujan Buatan

  1. Zat glasiogenik seperti argentium iodida atau perak iodida ditaburkan di udara dengan ketinggian yang cukup. Taburan bahan kimia ini ditaburkan dengan bantuan pesawat terbang.
  2. Setelah menaburkan bahan kimia yang dibutuhkan, bahan kimia tersebut akan memengaruhi awan untuk terkondensasi dan membentuk awan yang lebih besar dan mempercepat terjadinya hujan.
  3. Dengan begitu hujan akan segera turun di wilayah yang memerlukan hujan dengan lebih cepat.
Proses terjadinya hujan alami dan proses terjadinya hujan buatan serta hal-hal yang membedakannya telah kita kupas tuntas dalam artikel ini agar kita dapat memahami bagaimana alam yang kita tempati ini bekerja. (DA)