News
·
3 Mei 2021 11:57

Rantai Makanan: Pengertian, Jenis-jenis dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Rantai Makanan: Pengertian, Jenis-jenis dan Contohnya (441908)
searchPerbesar
ilustrasi rantai makanan, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Rantai makanan merupakan serangkaian proses makan dan dimakan antar makhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Proses makan dan memakan ini didasarkan pada urutan tertentu dan berlangsung secara terus menerus. Setiap obyek dalam ekosistem ini memiliki peranannya masing-masing, seperti menjadi produsen, konsumen, hingga dekomposer.
ADVERTISEMENT
Makhluk hidup di suatu ekosistem menjalin relasi makan-memakan dan membentuk jaring-jaring makanan tertentu. Melalui jaring-jaring makanan tersebut, makhluk hidup di alam ini menjadi saling terhubung dalam suatu jaring yang begitu luas.

Jenis-Jenis Rantai Makanan dan Contohnya

Rantai makanan tersusun atas beberapa tingkatan yang disebut sebagai tingkatan trofik. Susunan dari trofik tersebut dimulai dari produsen yang mampu membuat makanan sendiri, konsumen yang memakan produsen, konsumen yang memakan konsumen pertama dan seterusnya.
Dikutip dari buku Konsep Dasar Ekologi Lingkungan oleh Mukharomah (2021: 26), tipe rantai makanan dibedakan menjadi tiga jenis. Adapun jenis-jenis tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Rantai Makanan Perumput
Rantai makanan ini diawali dengan tumbuhan hijau yang menduduki tingkat trofik I. Herbivora menduduki tingkat trofik II dan karnivora menduduki tingkat trofik III. Adapun contoh rantai makanan perumput yakni sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Rumput → Belalang → Katak → Ular → Burung Elang.
2. Rantai Makanan Detritus
Rantai makanan yang satu ini dimulai dari organisme perombak. Detritus itu sendiri merupakan suatu fragmen atas sisa-sisa organisme yang telah mati dan terurai akibat dikonsumsi oleh hewan-hewan kecil. Contohnya seperti rayap, cacing tanah, tripang dan lain-lain. Adapun contoh rantai makanan detritus yaitu sebagai berikut:
Sampah Kayu → Cacing Tanah → Burung → Ular
3. Rantai Makanan Parasit
Rantai makanan yang ketiga yaitu parasite. Pada jenis rantai makanan ini, terdapat organisme yang lebih kecil yang mampu memangsa organisme yang lebih besar. Contoh dari rantai makanan parasite yaitu:
Kerbau → Kutu → Burung Jalak → Burung Elang
Itu dia penjelasan mengenai pengertian, jenis-jenis dan contoh rantai makanan. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi informasi yang berharga untuk Anda.
ADVERTISEMENT
(DHA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white