Tekno & Sains
·
10 Juni 2021 17:29
·
waktu baca 2 menit

Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya Lengkap

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya Lengkap (235256)
Ilustrasi rumus volume tabung. Sumber: unsplash.com
Rumus volume tabung beserta dengan cara menghitungnya adalah materi yang hars dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Tentunya tidak hanya sekadar menghafal rumus volume tabung, tetapi juga rumus bangun ruang lainnya, seperti balok dan kubus.
ADVERTISEMENT
Supaya semakin paham tentang rumus volume bangun ruang, khususnya tabung. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya

Berikut adalah rumus volume tabung dan cara menghitungnya yang dikutip dari buku Dr. Matematika: Mengenalkan Geometri Ruang karya Rifka Zammilah (2012).
Volume tabung (Vtabung) = π x r2 x t
Adapun π x r2 adalah rumus luas lingkaran. Jadi, sebelum menghitung volume kubus, terlebih dahulu Anda harus menghitung luas lingkaran pada tabung.
Contoh Soal Menghitung Rumus Volume Tabung
Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya Lengkap (235257)
Ilustrasi rumus. Sumber: unsplash.com
Agar lebih paham dengan rumus di atas, di bawah ini adalah contoh soal mencari volume tabung yang bisa menjadi gambaran.
Soal: Diketahui sebuah tabung memiliki diameter sepanjang 14 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume tabung tersebut?
ADVERTISEMENT
Untuk bisa menyelesaikan soal di atas, Anda bisa menggunakan rumus yang sudah disebutkan tadi. Sebelum mencari volume tabung, kita harus mengetahui panjang jari-jari. Jadi, diameter tabung diubah menjadi jari-jari. Jika diameter tabung adalah 14 cm, maka jari-jarinya adalah 7 cm. Setelah itu, baru bisa menghitung volume tabungnya.
Volume = π x r2 x t
Volume = 22/7 x 7 x 7 x 10
Volume = 22/7 x 49 x 10
Volume = 1540 cm3
Ternyata cara menghitung volume tabung sangat mudah, ya. Anda bisa coba untuk mencari contoh soal lainnya supaya bisa lebih mengerti. Anda bisa memilih soal dengan tingkat kesulitan yang beragam untuk mengasah kemampuan. Dalam mengerjakan soal matematika, ketelitian menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena terdapat beberapa angka untuk setiap soal. Maka dari itu, jangan sampai salah memasukkan rumus atau angka, ya!
ADVERTISEMENT
Semoga penjelasan tentang rumus volume tabung di atas bisa membantu! Semoga Berhasil! (Anne)