Satu Kilogram sama dengan Berapa Gram dalam Matematika? Ini Cara Menghitungnya

Konten dari Pengguna
16 Juni 2022 17:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Satu kilogram sama dengan berapa gram. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Satu kilogram sama dengan berapa gram. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Untuk menjawab soal matematika satu kilogram sama dengan berapa gram, Anda perlu memahami nilai kesetaraannya terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah bagi Anda dalam menjawab soal lainnya yang relevan.
ADVERTISEMENT
Jadi, perlu diketahui bahwa satu kilogram setara dengan seribu gram. Persamaan ini tentunya berlaku untuk semua perhitungan kilogram ke gram lainnya.

Satu Kilogram sama dengan Berapa Gram dalam Matematika?

Satu kilogram sama dengan berapa gram. Foto: Unsplash
Agar Anda bisa lebih memahami penjelasan tentang satu kilogram sama dengan berapa gram dalam matematika, maka Anda harus mengetahui pengertiannya terlebih dulu.
Adapun dikutip dari buku 99% Sukses Menghadapi Ulangan Harian SD/MI Kelas 2 karya Tim Guru Eduka, Fini, dan Anggi (2018: 69), kilogram dan gram merupakan satuan massa dalam sistem internasional satuan.
Jadi, satu kilogram setara dengan seribu gram. Begitu pula sebaliknya, seribu gram sama dengan satu kilogram. Jika Anda sudah memahami penyetaraan tersebut, tentu nantinya akan lebih mudah bagi Anda saat menghadapi soal yang mirip seperti itu.
ADVERTISEMENT
Nah, definisi kilogram sebagai sebuah satuan massa dalam sistem internasional satuan didasarkan pada tiga konstanta mendasar, yaitu kecepatan cahaya, radiasi gelombang mikro alami atom cesium, dan konstanta planck.
Lantas, bagaimana dengan nilai dari 20 kilogram setara dengan berapa gram? Sama seperti perhitungan sebelumnya, Anda cukup mengalikan 20 kilogram dengan 1000. Jadi, nantinya akan didapat angka 20.000 yang artinya 20 kilogram sama dengan 20.000 gram.

Konversi Nilai Kilogram ke Gram

Ilustrasi timbangan untuk mengukur satuan massa. Foto: Pexels
Berikut ini adalah beberapa contoh konversi nilai kilogram ke gram yang perlu Anda ketahui.
ADVERTISEMENT

Satuan Massa atau Berat Jika Dibandingkan dengan Gram

Ilustrasi timbangan untuk mengukur satuan massa dalam gram. Foto: Pexels
Satuan massa merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur massa. Dikutip dari Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP oleh Avia Riza Dwi Kurnia (2020: 166), massa adalah jumlah materi dalam suatu zat atau benda.
Massa umumnya diukur dengan timbangan. Satuan internasional untuk massa adalah kilogram, tetapi untuk massa yang lebih kecil, gram lebih sering digunakan sebagai gantinya.
Selain kilogram, ada berbagai jenis satuan massa lainnya. Berikut perbandingan satuan massa lainnya dengan gram yang bisa dipahami:
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan tentang satu kilogram sama dengan berapa gram beserta nilai konversi kilogram ke gram dan perbandingan satuan massa lainnya. Semoga membantu.
(Anne & SFR)