Sikap yang Diperlukan Nelayan dalam mencari Ikan Agar Ekosistem Laut Terjaga

Konten dari Pengguna
19 Agustus 2021 15:52
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi laut. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi laut. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Perairan Indonesia penuh dengan potensi sumber daya laut yang beraneka ragam. Hal ini menyebabkan banyaknya aktivitas pemanfaatan potensi laut tersebut oleh manusia. Pemanfaatan potensi laut tersebut tak jarang menjadi sangat eksploitatif, akhirnya laut perlahan menjadi tercemar dan rusak. Eksploitasi sumber daya laut secara besar-besaran sering tidak memperhatikan dampak yang akan dihadapi oleh laut. Berbagai eksploitasi sumber daya laut menyebabkan adanya degradasi habitat laut, pencemaran air laut, dan kerusakan terumbu karang.
ADVERTISEMENT

Bahaya yang Mengancam Laut di Indonesia

Berikut adalah bahaya yang mengancam laut di Indonesia dan menyebabkan kerusakan laut berdasarkan buku Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil oleh Aris Subagiyo, ST, MT, Wawrgita Permata Wijayanti, ST, MT, dan Dwi Maulidatuz Zakiyah, ST, MT, MSc. (2017: hlm 91-97).
Pencemaran Laut
Pencemaran laut adalah terkontaminasinya laut oleh materi asing seperti bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan makhluk laut, mengancam sumber alam dan ekosistem, serta menganggu ekosistem di laut. Pencemaran laut terjadi karena adanya ketidaksesuaian baku mutu lingkungan. Pencemaran dapat disebabkan oleh makhluk hidup, energi, zat, atau komponen lain tidak sengaja atau disengaja masuk dalam laut. Biasanya berupa limbah atau buangan aktivitas penduduk yang berada di daratan. Berbagai bahan pencemar dapat membuat ikan-ikan mati karena laut tempat mereka hidup tidak sesuai kebutuhannya.
ADVERTISEMENT
Overfishing
Overfishing adalah tingkat eksploitasi ikan yang berlebih di suatu perairan yang kegiatannya melebihi kapasitas stok atau cadangan ikan setempat. Overfishing berdampak pada semakin sulitnya menemukan target ikan karena menghilang serta semakin jauhnya fishing ground.
Overfishing diartikan sebagai upaya penangkapan yang melebihi batas potensi produksi lestari yang telah ditetapkan peraturan berlaku. Dampaknya membuat spesies ikan yang beragam menjadi terancam. Penangkapan ikan yang berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem laut sehingga dapat menyebabkan kejenuhan laut.
Illegal Fishing
Illegal Fishing adalah segala bentuk kegiatan penangkapan ikan yang melanggar ketentuan dalam perundangan atau peraturan tentang ikan di Indonesia. Menurut International Plan of Action-Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IPOA-IUU Fishing), ilegal fishing adalah kegiatan penangkapan ikan oleh negara tertentu di perairan yang bukan merupakan yurisdiksinya dan bertentangan dengan hukum negara yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT

Sikap yang Diperlukan Nelayan Supaya Laut Tetap Terjaga

Nelayan adalah salah satu profesi dalam bidang pemanfaatan sumber daya laut, yaitu penangkapan ikan. Supaya laut tetap tetap terjaga dan lestari maka nelayan harus memperhatikan hal-hal berikut ini dalam mencari ikan.
sumber foto: https://pixabay.com/
zoom-in-whitePerbesar
sumber foto: https://pixabay.com/
Tidak Menggunakan Bahan Bakar Perahu Yang Berlebihan
Nelayan banyak menggunakan perahu dengan motor yang membutuhkan bahan bakar. Pemakaian bahan bakar untuk perahu motor yang berlebih dapat menyebabkan pembuangan bahan bakar minyak atau kebocoran di laut yang efek kimianya membahayakan perairan dan untuk ikan-ikan atau hewan di laut. Oleh karena itu sebaiknya jika harus menggunakan perahu dengan bahan bakar minyak, gunakanlah secukupnya.
Tidak melakukan Overfishing
Overfishing dapat mengancam kelangsungan hidup spesies ikan laut yang beragam sehingga berdampak pada keseimbangan ekosistem laut.
ADVERTISEMENT
Tidak Menggunakan Pukat Harimau
Alat penangkap ikan seperti pukat harimau dapat menyebabkan overfishing karena menangkap segala jenis ikan dari yang kecil hingga yang besar bahkan penyu dan lumba-lumba. Selain itu pukat harimau juga dapat merusak terumbu karang.
Tidak Melakukan Ilegal Fishing
Dalam menangkap ikan, nelayan harus mematuhi peraturan yang berlaku serta tidak menangkap ikan dengan menggunakan alat-alat kimia dan tidak melanggar fishing ground yang ditentukan saat menangkap ikan.
Itulah penjelasan mengenai penyebab kerusakan laut dan sikap yang seharusnya dimiliki nelayan dalam mencari ikan supaya ekosistem laut terus terjaga. Bukan hanya nelayan, kita juga seharusnya memiliki kesadaran untuk ikut menjaga dan melestarikan laut. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.(IND)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·