Bisnis
·
26 Juli 2021 9:25
·
waktu baca 1 menit

Sistem Pengendalian Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsurnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Sistem Pengendalian Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsurnya (47926)
searchPerbesar
Ilustrasi sistem pengendalian manajemen, sumber foto: https://unsplash.com/
Dalam suatu perusahaan, pengendalian manajemen memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang perkembangan dari perusahaan. Suatu perusahaan akan rentan mengalami kemunduran dan berakhir pada kegagalan jika tidak memiliki sistem pengendalian manajemen yang baik. Jika perusahaan mampu menciptakan sistem pengendalian manajemen yang baik maka perusahaan akan memilki potensi yang besar untuk berkembang.
ADVERTISEMENT
Kali ini kita akan membahas mengenai sistem pengendalian manajemen : pengertian, fungsi, dan unsur-unsurnya.
Dikutip dari buku Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Sistem Pengendalian Manajemen pada Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Tengah, Jaluanto Sunu Punjul Tyoso (2021: 3) bahwa setiap organisasi memiliki kepastian sebagai target sasaran yang akan dicapai, organisasi dinamis direlokasi perubahan untuk melakukan sesuai dengan kinerja. Organisasi harus memiliki sistem kendali untuk tujuan tersebut.
Pengertian sistem pengendalian manajemen adalah alat atau sistem yang tediri dari beberapa sub sistem yang saling berkaitan seperti pemrograman, penganggaran, akuntansi, pelaporan, dan pertanggungjawaban untuk membantu manajemen memengaruhi orang lain dalam sebuah perusahaan agar mau mencapai tujuan perusahaan melalui strategi tertentu secara efektif dan efisien.
ADVERTISEMENT

Fungsi Sistem Pengendalian Manajemen

Sistem Pengendalian Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Unsur-unsurnya (47927)
searchPerbesar
Ilustrasi sistem pengendalian manajemen, sumber foto: https://unsplash.com/
Fungsi sistem pengendalian manajemen sangat vital dalam sebuah perusahaan di mana upaya yang sistematis yang disusun oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan cara melakukan perbandingan atas prestasi kerja agar sesuai dengan rencana awal dan menciptakan suatu tindakan yang tepat untuk bisa mengkoreksi setiap perbedaan yang menyimpang. Pengendalian biaya yang efektif akan tergantung pada bagaimana komunikasi yang terjalin antara pihak informasi akuntan dengan manajemen. Dengan menciptakan laporan prestasi kerja, maka pihak controller pun akan memberikan suatu saran pada berbagai tingkat manajemen mengenai suatu Tindakan perbaikan yang dibutuhkan oleh suatu kegiatan tertentu.
Laporan tersebut bisa disajikan dalam bentuk pernyataan langsung ataupun tertulis dari controller pada pihak manajemen perusahaan. Isi laporan tersebut juga berupa laporan prestasi kerja yang sudah diraih oleh para karyawannya.
ADVERTISEMENT

Unsur-Unsur Sistem Pengendalian Manajemen

Ada beberapa unsur dari sistem pengendalian manajemen diantaranya adalah sebegai berikut :
  1. Pelacak
  2. Penlilai
  3. Umpan balik
  4. Jaringan komunikasi
Demikian adalah pembahasan mengenai sistem pengendalian manajemen mulai dari pengertian fungsi dan unsur-unsurnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. (WWN)