Subhanallah Arti dan Perbedaannya dengan Masyaallah

Konten dari Pengguna
18 Juni 2021 14:17
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Arti Subhanallah. Sumber foto : www.pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Subhanallah. Sumber foto : www.pexels.com
ADVERTISEMENT
Arti Subhanallah harus diketahui oleh umat muslim. Subhanallah sering diucapkan oleh umat muslim secara spontan ketika mendengar atau melihat akan satu hal. Tak hanya itu Subhanallah adalah kata yang ada di dalam Alquran, juga sering diucapkan dalam doa dan juga dzikir setelah sholat.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, Subhanallah termasuk dalam kalimat tasbih yaitu kalimat yang memiliki makna mensucikan dan mengagungkan asma (nama) Allah. Umat muslim yang terbiasa mengucapkan kalimat tasbih dalam kondisi apapun akan mendapatkan pahala berlimpah oleh Allah SWT.
Nabi Muhammad SAW menganjurkan ke umatnya untuk membaca kalimat tasbih dalam dzikir sehari-hari, terumata selesai sholat fardhu. Bacaannya yang ringan, mudah dilafadzkan dan memiliki keutamaan besar jika dilakukan.
Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku,
"Maukah aku beritahukan kepadamu perkataan yang paling dicintai oleh Allah? Sesungguhnya perkataan yang paling dicintai oleh Allah adalah, ‘SUBHANALLAH WA BIHAMDIH’ (Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya).” (HR. Muslim, no. 2731)
Ya berdzikir dengan mengucapkan Subhanallah adalah hal yang disukai oleh Allah SWT. Jadi jangan pernah lupa untuk mengucapkannya setelah selesai sholat.
ADVERTISEMENT
Selain sebagai dzikir, kata Subhanallah juga kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini biasa digunakan ketika seorang Muslim merasa terkejut.

Arti Subhanallah dan Perbedaannya dengan Masyaallah!

Ilustrasi Arti Subhanallah. Sumber foto : www.pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Subhanallah. Sumber foto : www.pexels.com
Dari buku Pintu-pintu Menuju Tuhan oleh Nurcholis Majid (Paramadina : 1994), Subhanallah artinya Maha Suci Allah. Kalimat ini dimaksudkan agar membebaskan diri dari prasangka buruk kepada Allah SWT.
Adapun keutamaan membaca Subhanallah sebagai berikut.
  • Membaca dzikir Subhanallah akan mendapatkan pahala yang melimpah. Bagi Anda yang senang berdzikir dengan kalimat ini sebanyak 100 kali, maka kelak ia akan membawa pahala yang besar.
  • Salah satu keutamaan Subhanallah yang besar adalah bisa menghapus dosa dan menambah pahala. Kalimat suci ini punya manfaat besar untuk kehidupan kita kelak di akhirat. Setiap satu kalimat “Subhanallah” yang dibaca akan memberi 20 pahala kebaikan dan mengurangi 20 dosa atau keburukan.
  • Keutamaan Subhanallah yang lain adalah menghapus dosa yang telah lalu. Bacaan kalimat tasbih apabila diikuti dengan bacaan tahlil, takbir, dan tahmid dapat menjadi bacaan dzikir yang dapat menghapus dosa.
  • Keutamaan Subhanallah lainnya adalah bisa menjadi ucapan yang baik saat merespon atau melihat sesuatu hal yang buruk, seperti: bencana alam, perbuatan dosa, perbuatan dzalim, dan hal buruk lainnya. Bagi siapapun yang melakukannya, maka seperti ibarat mengikuti sunnah Nabi Muhammad. Karena saat Rasulullah melihat sesuatu hal buruk, maka Rasul mengucapkan “Subhanallah.”
ADVERTISEMENT
Perbedaan Subhanallah dengan MasyaAllah
Arti Subhanallah dan Masyaallah sering kali disamakan artinya, padahal kedua kalimat ini memiliki arti yang sedikit berbeda.
Menurut bahasa Arab, arti Subhanallah adalah Maha Suci Allah, sedangkan arti Masyaallah secara harafiah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah, maka hal itu akan terjadi.
Kedua kalimat tersebut memang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengagumi kebesaran Allah SWT. Kalimat Masyaallah ini juga dijadikan sebagai doa dan pujian untuk Allah SWT, karena adanya ketertarikan terhadap suatu hal yang menarik tentang ciptaan Allah.
Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam memahami arti Subhanallah, keutamaan dan perbedaan dengan MasyaAllah. Semoga kita semua senantiasa menjadi umat yang selalu berdzikir kepadaNya dan mendapat limpahan berkat. (RAN)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·