Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 14:36

Tabel Periodik Unsur, Ini 4 Tujuannya yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tabel Periodik Unsur, Ini 4 Tujuannya yang Perlu Diketahui (14742)
Ilustrasi Tabel Periodik sumber: Gramedia
Tabel periodik merupakan tampilan yang berisikan informasi mengenai unsur kimia yang disajikan dalam bentuk tabel. Unsur kimia tersebut sudah muncul dan banyak diteliti sejak zaman kuno. Melalui tabel periodik, klarifikasi dan identifikasi atom dirasa lebih mudah dengan melihat nomor atom.
ADVERTISEMENT
Tidak heran jika tabel periodik unsur sangat dibutuhkan untuk menjadi pembeda. Selain itu, ada beberapa tujuan dari pembuatan tabel periodik unsur yang harus Anda tahu. Apa saja tujuan dan kegunaannya?

Tabel Periodik Unsur Dapat Mengetahui Jumlah Unsur Atom

Salah satu tujuan dari tabel periodik unsur adalah dapat mengetahui jumlah unsur atom. Melalui tabel tersebut, Anda bisa menemukan nomor atom dengan unsur apa saja. Nomor yang tertera dalam tabel merupakan jumlah proton. Jumlah tersebut sama dengan jumlah elektron yang ada di sekitarnya.

Mengenal Tabel Periodik Unsur Nama dan Simbol

Tabel periodik unsur mempunyai tujuan untuk mengenal nama unsur dari partikel kimia. Anda bisa melacak nama dari unsur tersebut yang sebenarnya hanya dengan melihat nama singkatnya saja. Reaksi kimia tersebut ditulis menggunakan unsur nama yang disingkat dan adanya tabel tersebut dapat mengidentifikasi unsur yang sesungguhnya.
ADVERTISEMENT
Selain melacak nama sebenarnya dari unsur tersebut, Anda juga bisa melacak atau mencari tahu tentang simbol dari tabel periodik. Memeriksa nomor atom yang berkaitan dengan simbol membantu Anda untuk mengidentifikasi partikel sebenarnya.
Mengetahui Berat Unsur Atom
Tidak hanya itu saja, tabel periodik bertujuan untuk mengetahui berapa berat unsur dalam sebuah atom. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menemukan di kotak persegi dalam tabel yang dialokasikan pada setiap unsur. Nilai dalam sebuah atom sangat diperlukan untuk perhitungan kimia analitik sebagian besarnya.
Mengetahui Konfigurasi Unsur Secara Elektron
Tujuan terakhir yang bisa Anda temukan dari tabel periodik unsur adalah mengetahui konfigurasi unsur secara elektron. Anda bisa menyimpulkan konfigurasi tersebut dengan mengetahui nomor atom pada tabel periodik. Melalui tabel tersebut, Anda juga bisa menyimpulkan unsur dari atom tersebut masuk ke mana.
ADVERTISEMENT
Itulah empat tujuan dari adanya tabel periodik unsur. Saat ini cukup banyak tabel periodik yang disesuaikan dengan kegunaan dan masanya. Sekarang, Anda sudah tahu, bukan apa tujuan dari tabel tersebut?(ANG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white