News
·
26 Juli 2021 14:35
·
waktu baca 1 menit

Tahapan dalam Manajemen Proyek yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tahapan dalam Manajemen Proyek yang Perlu Diketahui (185971)
searchPerbesar
Ilustrasi Tahapan dalam Manajemen Proyek yang Perlu Diketahui. sumber: pexels.com
Manajemen merupakan sebuah usaha oleh suatu perusahaan yang bertujuan supaya perusahaan tersebut mencapai keuntungan yang maksimal dan proses pekerjaan dalam perusahaan tersebut lebih tertata. Dalam manajemen proyek, kegiatan kerja tidak dapat dilakukan secara sekaligus tetapi harus ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar pekerjaan bisa lebih optimal dan mencapai tujuan keuntungan maksimal.
ADVERTISEMENT

Tahapan dalam Manajemen Proyek

Seperti apa tahap-tahap dalam manajemen proyek perusahaan tersebut? Mari kita simak penjelasannya berdasarkan buku Konsep-Konsep Dasar Manajemen Proyek oleh Dodi Basirun berikut ini:
  • Perencanaan (planning): pelaksanaan pekerjaan yang meliputi kegiatan antisipasi, tugas dan kondisi. Menentukan hasil-hasil yang harus dicapai sebagai sasaran atau target, menentukan kebijaksanaan pelaksanaan program, menantukan waktu dan jadwal (schedule) dan prosedur pelaksanaan, alokasi anggaran biaya dan lain sebagainya.
  • Organisasi: identifikasi dan pengelompokan jenis-jenis pekerjaan, menentukan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab, meletakkan dasar bagi hubungan antara masing-masing unsur organisasi dan lain sebagainya
  • Menggerakkan organisasi: hubungan antara manajer dan personel di bawahnya dengan tujuan mendapatkan jaminan bantuan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas, antara lain dengan memotivasi atau membangkitkan partisipasi dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan masing-masing, memilih personel yang tepat untuk masing-masing jabatan.
  • Koordinasi: bertujuan mencapai keseimbangan dan keserasian kerja dalam mencapai tujuan bersama, memilih waktu yang tepat (timing), integrasi dalam organisasi dan lain sebagainya
  • Pengawasan (control): untuk dapat memelihara norma-norma kerja yang telah ditetapkan, penilaian dan evaluasi untuk mengadakan koreksi-koreksi pada cara kerja divisi dan personel, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dalam memimpin dan mengarahkan kegiatan personel bawahannya, seorang manajer menerapkan asas-asas manajemen pada unsur-unsurnya dengan diselaraskan pada pengaman-pengalaman dari pekerjaan sebelumnya.
Ciri khas sebuah manajemen yang baik adalah meskipun seorang manajer telah mendelegasikan wewenang pada bawahannya, ia tetap tidak dapat lalai dari pertanggungjawaban terhadap baik atau tidaknya hasil karya organisasi atau divisi yang dipimpinnya. Oleh karena itu, sebagian besar keputusan-keputusan pokok dalam pekerjaan, diambil sendiri olehnya dan harus dipertahankan secara konsekuen.
Itulah penjelasan mengenai tahapan dalam manajemen proyek, semoga dapat memberi manfaat kepada anda yang sedang bekerja dalam suatu manajemen perusahaan.(IND)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white