News
·
4 Agustus 2021 8:50
·
waktu baca 2 menit

Tangga Nada Diatonis Minor: Pengertian dan Contoh Lagu

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tangga Nada Diatonis Minor: Pengertian dan Contoh Lagu (680533)
searchPerbesar
Tangga Nada Diatonis Minor:, Foto: Pixabay
Di dalam dunia musik, kita mengenal tangga nada, yang berperan penting agar suatu lagu dapat terdengar harmonis dan indah. Ada 2 jenis tangga nada, yaitu tangga nada pentatonis dan tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terbagi lagi menjadi tangga nada diatonis minor dan mayor.
ADVERTISEMENT

Pengertian Tangga Nada Diatonis minor

Dilansir dari buku Nada dan Irama, M. Noor Said, (2020:18), pengertian dari tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri dari 7 nada berbeda di dalam satu oktaf.
Ketujuh nada inti ini diakhiri dengan 1 nada pengulangan, yakni nada pertama. Selain itu, jarak antar not dari tangga nada diatonis adalah satu atau setengah.
Jika tangga nada diatonis mayor umum digunakan dan memiliki nuansa ceria yang menyenangkan, maka lain halnya dengan tangga nada diatonis yang minor.
Tangga nada diatonis minor merupakan tangga nada yang bernuansa sedih dan melankolis. Tangga nada ini juga memiliki jarak antar not atau nada seperti ini: 1 - ½ - 1 - 1 - ½ -1 - 1.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tangga nada mayor dan minor yang memiliki tanda mula yang sama-sama disebut sebagai relatif. Tangga nada mayor relatif dari suatu tangga nada minor ditentukan dengan cara menaikkan nada tonika tangga nada minor sebanyak 1 nada dan 1 seminada alias 3 ½ langkah, yaitu dengan interval terts minor.
Jadi, tangga nada C mayor disebut sebagai mayor relatif dari tangga nada A minor, sedangkan tangga nada C minor disebut sebagai minor relatif dari tangga nada Es mayor.
Salah satu contoh dari tangga nada diatonis adalah A minor, yang terdiri dari nada berikut: A, B, C, D, E, F, G, dan A. Selain itu, masih ada tangga nada C minor, D minor, F minor, dan G minor.
ADVERTISEMENT

Contoh Lagu dengan Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga Nada Diatonis Minor: Pengertian dan Contoh Lagu (680534)
searchPerbesar
Tangga Nada Diatonis Minor:, Foto: Pixabay
Berikut adalah contoh beberapa lagu dengan tangga nada diatonis minor:
  1. Indonesia Pusaka
  2. Syukur
  3. Bagimu Negeri
  4. Berkibarlah Benderaku
  5. Bintang Kejora
  6. Ampar-ampar Pisang
  7. Burung Kakak Tua
  8. Ambilkan Bulan
  9. Naik Delman
  10. Bintang Kecil
Sekarang kamu sudah paham tentang tangga nada diatonis minor, kan?(BRP)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white