News
·
8 Juni 2021 15:54
·
waktu baca 2 menit

Tata Letak Geografis ASEAN

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tata Letak Geografis ASEAN (320567)
searchPerbesar
Negara-negara yang ikut dalam ASEAN. https://www.freepik.com/
ASEAN merupakan organisasi kerja sama negara-negara Asia Tenggara dengan bidang ekonomi, politik, budaya, serta pendidikan. Menurut Koesriantu dalam bukunya yang berjudul Association of South East Asian Nation (ASEAN) (2014:2), tujuan berdirinya ASEAN adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya di antara negara-negara anggota, menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan, serta forum untuk menyelesaikan berbagai masalah negaara anggota secara damai”.
ADVERTISEMENT
Asia Tenggara adalah kawasan di benua Asia bagian tenggara yang mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat. ASEAN terdiri atas 11 Negara, di antarnya adalah negara Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Timur Leste.
Asia Tenggara terletak pada pertemuan lempeng-lempeng geologi, dengan aktivitas kegempaan (seismik) dan gunung berapi (vulkanik) yang tinggi. Sementara Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam relatif stabil, dan merupakan daratan tua, Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Timor Leste sangatlah dinamis karena di sana bertemu dua lempeng benua besar: lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia, ditambah dengan lempeng Filipina yang lebih kecil.
ADVERTISEMENT

Letak Geografis ASEAN

Secara Geografi, ASEAN terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Hal ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional. Luas wilayah dari ASEAN mencapai angka 4,5 juta kilometer persegi atau sekitar 3 persen dari total luas daratan bumi.
Negara Indonesia adalah negara dengan lokasi yang paling strategis. Sebab letak geografis Indonesia juga berada di antara dua samudra dan dua benua. Indonesia juga menjadi negara terluas dengan total luas 1,9 juta kilometer persegi. Negara ASEAN terkecil adalah Singapura.
Karakteristik Negara ASEAN
Tata Letak Geografis ASEAN (320568)
searchPerbesar
Gambaran tentang ASEAN. https://www.freepik.com/
Negara ASEAN memiliki 4 karakteristik yang cukup menonjol, yaitu:
ADVERTISEMENT
1) Compact
Yaitu wilayah negara yang berbentuk menyerupai lingkaran. Salah satu contohnya adalah negara Kamboja.
2) Fragmented
Yaitu wilayah negara yang berbentuk kepulauan terpisah-pisah (memiliki banyak pulau). Contohnya adalah negara Indonesia dan Filipina.
3) Elongated
Karakteristik wilayah negara ASEAN yang satu ini adalah negara yang berbentuk memanjang. Contohnya adalah negara Vietnam dan Laos.
4) Protruded
Karakteristik ini akan mengelompokan negara yang memiliki bentuk lebih kompleks dan beragam, seperti tangan yang memanjang. Contohnya adalah negara Thailand dan Myanmar.
Tata Letak Geografis ASEAN (320569)
searchPerbesar
Icon negara-negara yang ikut dalam ASEAN. https://www.freepik.com/
Batas Wilayah ASEAN
Bila melihat letak geografis ASEAN, daerah ini akan berbatasan dengan beberapa wilayah yang ada di sekitarnya, yaitu :
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Timur dan negara Cina yang masuk ke kawasan Asia Timur.
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Samudra Pasifik dan negara Papua Nugini yang termasuk dalam Benua Australia.
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Samudra Hindia, negara Australia, serta Benua Australia.
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Andaman, negara Bangladesh, dan India.
ADVERTISEMENT
Begitulah tentang ASEAN dan juga letak secara geografis. perlu diingat walaupun hampir sama, tetapi ASEAN berbeda dengan Asia Tenggara.
(MZM)