Tekno & Sains
·
3 Juni 2021 16:05
·
waktu baca 2 menit

Tips Cara Membuat Kliping yang Unik dan Menarik

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Tips Cara Membuat Kliping yang Unik dan Menarik (26233)
searchPerbesar
Ilustrasi cara membuat kliping. Sumber foto : www.pexels.com
Siapa yang tidak tahu cara membuat kliping? Semestinya memang semua orang bisa melakukannya. Tapi membuat kliping menjadi terlihat unik, jauh lebih menarik, dan tidak membosankan tentu saja membutuhkan keahlian khusus.
ADVERTISEMENT
Saat masih menjadi pelajar di Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah, kalian pasti pernah mendapatkan tugas dari guru untuk membuat kliping.
Kliping adalah kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu, baik gambar maupun tulisan dari media cetak yang dianggap penting. Biasanya sumber yang digunakan untuk membuat kliping adalah majalah, buku, koran, tabloid atau sumber lain yang relevan.
Setelah semuanya terkumpul, potongan-potongan tersebut akan disusun secara pada suatu bidang. Kamu dapat menggunakan media kertas, kartu, karton dan lainnya sebagai bahan dokumentasi.
Dengan semakin berkembangnya zaman, kliping juga ikut berkembang. Bukan hanya menjadi bagian dari tugas anak sekolah, kliping, atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama scrapbook, menjadi hobi baru bagi para anak muda. Bahkan ada juga yang bisa menjadikan kliping sebagai mata pencaharian. Kalian bisa baca referensinya di buku Terampil Membuat: 50 Kreasi Scrapbook Cantik Pada Frame, Iva Hardiana, 2010.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Kliping yang Unik dan Menarik

1. Tentukan Temanya
Menentukan tema sejak awal bertujuan agar isi kliping menjadi terfokus serta pembahasannya tidak terlalu melebar. Hasilnya pun bisa lebih bagus karena ilustrasi dan hiasan yang digunakan sesuai tema.
2. Cari Gambar atau Informasi Sesuai Tema
Tahap ini biasanya memakan waktu lebih lama dalam proses pembuatan kliping. Kalian bisa menggunakan koran bekas, majalah bekas, tabloid bekas, novel atau media lainnya untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan tema.
3. Susun dengan Rapi
Tips Cara Membuat Kliping yang Unik dan Menarik (26234)
searchPerbesar
Ilustrasi cara membuat kliping. Sumber foto : www.pexels.com
Susun dan atur potongan gambar atau teks kliping tersebut secara sistematis, misalnya berdasarkan tahun atau jenis informasinya. Tempelkan potongan tersebut secara hati-hati.
4. Tambahkan Hiasan
Kunci cara membuat kliping agar terlihat semakin menarik dan tidak membosankan adalah dengan menambahkan hiasan, ilustrasi, atau pernak-pernik lainnya.
ADVERTISEMENT
Kalian juga bisa menambahkan tulisan tangan kalian sebagai hiasan. Jangan lupa untuk membuat cover kliping agar tidak terlihat biasa-biasa saja. Semakin unik cara kalian menghiasnya, maka akan semakin terlihat menarik. Tapi pastikan hiasan ini tidak mengurangi informasi yang ingin disampaikan melalui kliping ya.
Demikian tips cara membuat kliping agar terlihat unik dan menarik. Semoga bermanfaat. (DNR)