Tips Mengerjakan Psikotes dan Kiat-kiatnya

Konten dari Pengguna
16 Mei 2022 21:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips Mengerjakan Psikotes dan Kiat-kiatnya (18169)
zoom-in-whitePerbesar
Tips Mengerjakan Psikotes, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Mengerjakan tes psikotes kamu harus membutuhkan ketelitian yang super dan harus konsentrasi yang tinggi. Biasanya tes psikotes menjadi salah satu syarat untuk dinyatakan lolos tahap selanjutnya dalam melamar pekerjaan atau yang lainnya. Sebelum mengerjakan tes psikotes, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana trik dalam mengerjakan. Disini akan dijelaskan bagaimana tips mengerjakan psikotes dan kiat-kiatnya agar kamu lolos.
ADVERTISEMENT
Psikotes sendiri memamng bisa dibilang gampang-gampang susah dalam mengerjakannya. Hal ini dikarenakan tes psikotes dibuat untuk mengetahui karakter dari calon pegawi tersebut. Makanya banyak perusahaan yang menggunakan tes psikotes untuk menemukan pegawai yang sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut. Tes psikotes meskipun gampang-gampang susah tapi bisa membuat kamu pusing. Karena biasanya tes ini berupa logika, seperti perubahan gambar, angka, dan lain sebagainya.
Simak tips mengerjakan psikotes dan kiat-kiatnya agar lolos, selengkapnya di artikel berikut.

Tips Mengerjakan Psikotes

Tips Mengerjakan Psikotes dan Kiat-kiatnya (18170)
zoom-in-whitePerbesar
Tips Mengerjakan Psikotes, Foto: Unsplash.
Dikutip dari buku Panduan Sukses Psikotes karya Enha Pujambi (2020: 4), inilah tips yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tes psikotes:
1. Banyak Berlatih Contoh Soal-Soal Psikotes
Satu bulan sebelum mengerjakan tes, sebaiknya banyak berlatih soal-soal. Kamu bisa mencari banyak contoh soal di internet. Kamu bisa mempelajarinya dan biasanya juga ada pembahasannya. Pada dasarnya, banyak soal semacam ini dengan bentuk yang hampir sama. Hanya saja soal-soal akan dibedakan dalam bentuk dan cara penyelesaiannya. Persiapan diri dengan mempelajari beragam macam soal latihan psikotes adalah merupakan bagian dari kesiapan kamu untuk menghadapi ujian tes psikotes.
ADVERTISEMENT
2. Cari Tahu Apa Itu Tes Psikotes
Untuk kamu yang belum tau apa itu tes psikotes, sebaiknya cari tahu dulu. Hal ini bisa membantu kamu melewati sesuatu dengan baik. Tes psikotes terdiri dari beberapa jenis tes, kamu perlu memahami semua tes tersebut dengan baik.
3. Percaya Diri Serta Optimis
Jika kamu sudah siap secara mental dan fisik dalam mengerjakan soal-soal tes psikotes, percaya diri akan membuatmu mudah dalam mengerjakan tesnya. Rasa percaya diri bisa menjadi sugesti untuk dirimu sendiri di alam bawah sadar. Sehingga kamu lebih tenang dalam mengerjakannya. Ketika kamu merasa siap, kamu bisa dengan mudah mengerjakan tes ini. Namun sebaliknya, jika kamu panik maka akan sulit dalam mengerjakan tes.
ADVERTISEMENT
4. Fokus dan Konsentrasi
Fokus dan konsentrasi adalah suatu hal yang penting dalam mengerjakan tes. Ketelitian, ketenangan diri, dan konsentrasi dapat membantumu untuk lebih mudah dalam mengerjakan tes. Tanpa ketiganya ini hasil yang kamu harapkan akan jauh. Karena pandai dan cerdas saja terkadang tidak cukup untuk mengerjakannya. Banyak yang gagal mengerjakan tes ini karena mereka terlalu tergesa-gesa dan kurang konsentrasi.
5. Berdoa
Berdoa adalah salah satu hal yang cukup penting. Kita dalam melakukan segala sesuatu itu diwajibkan untuk berdoa, agar apapun yang akan dan sedang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kembali lagi ke fitrahnya, manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan lah yang menentukan semuanya.
ADVERTISEMENT
Demikianlah tips dan kiat-kiat dalam mengerjakan tes psikolog. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mencari tahu apa itu psikolog dan banyak belajar materi mengenai tes psikolog. Dengan mempelajari banyak contoh soal psikolog akan membuat kamu memiliki gambaran mengenai tes yang akan berlangsung. Sehingga memudahkan dalam mengerjakan.