Urutan Planet dari Matahari dari yang Terdekat sampai Terjauh

Konten dari Pengguna
6 Januari 2022 15:27
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Urutan Planet dari Matahari dari yang Terdekat sampai Terjauh (38349)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi urutan planet dari Matahari. Foto: freepik.com/wasanchy
Dalam sistem Tata Surya yang ditempati berbagai benda, seperti satu bintang dan delapan planet. Delapan planet ini terus bergerak mengelilingi bintang yang bernama Matahari. Namun, sudah tahukah kamu urutan planet dari Matahari yang terdekat sampai terjauh?
ADVERTISEMENT

Urutan Planet dari Matahari

Tata Surya terdiri dengan berbagai benda langit yang berpusat pada sebuah benda yang bernama Matahari. Salah satu benda yang mengelilingi Matahari di sistem tata surya kita adalah planet.
Planet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan massa yang cukup besar. Pergerakan dari planet juga mengikuti garis orbit dengan kecepatan tertentu secara terus menerus.
Terdapat delapan planet dalam sistem Tata Surya yang selalu mengelilingi Matahari. Diktip dari buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta karya Hartono (2007), planet-plenet yang mengitari Matahari yang diurutkan dari jarak terdekat sampai terjauh yaitu:
1. Merkurius
Merkurius merupakan planet dengan letak paling dekat dengan Matahari dengan jarak rata-rata 57,8 juta KM. Untuk mengelilingi Matahari, Merkurius membutuhan waktu sekitar 88 hari.
ADVERTISEMENT
Karena jarak yang sangat dekat dengan Matahari, suhu dari planet yang satu ini pada waktu siang hari sangatlah panas, sampai 400 derajat C. Suhu yang panas dan gravitasi yang lemah membuat udara di permukaan menguap dan berakibat menipisnya lapisan atmosfer di planet Merkurius.
2. Venus
Venus merupakan planet kedua yang terdekat dengan matahari dengan jarak rata-rata sebesar 108,9 juta KM. Untuk mengelilingi matahari, plenet Venus membutuhkan waktu selama 225 hari.
Atmosfer planet Venus diselubungi dengan gas karbondioksida dan sulfat yang sangat tebal. Akibatnya, suhu di planet Venus pada siang hari mencapai 477 derajat C. Sehingga planet ini mendapat julukan planet terpanas dalam tata surya.
3. Bumi
Planet yang kita tempati ini menempati posisi ketika dalam urutan planet terdekat dengan Matahari dengan jarak rata-rata sebesar 149,7 juta KM dan membutuhkan waktu selama 365 ¼ hari untuk mengelilingi matahari.
ADVERTISEMENT
Planet Bumi merupakan satu-satunya planet yang paling cocok untuk tempat tinggal makhluk hidup. Hal ini didukung dengan komposisi udara dan adanya air yang sangat menopang kehidupan.
Urutan Planet dari Matahari dari yang Terdekat sampai Terjauh (38350)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Matahari dan planet di Tata Surya. Foto: freepik.com/wasanchy
4. Mars
Planet Mars atau yang lebih dikenal sebagai planet merah menempati posisi ke empat dalam urutan planet terdekat dengan Matahari. Planet Mars memiliki jarak rata-rata dengan Matahari sejauh 228 juta KM dan membutuhkan waktu 1,9 tahun untuk berrevolusi.
5. Jupiter
Planet yang dikenal sebagai planet terbesar dalam sistem tata surya kita memiliki diameter sekitar 142.860 KM atau 10 kali ukuran bumi.
Jarak planet Jupiter dengan Matahari sekitar 778,2 juta KM dan waktu yang dibutuhkan untuk berrevolusi yakni selama 12 tahun.
6. Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua dengan diameter sebesar 120.200 KM. Selain itu, planet Saturnus juga dikenal sebagai planet terindah dengan cincin yang mengelilinginya.
ADVERTISEMENT
Jarak rata-rata planet Saturnus ke Matahari sekitar 1.430 juta KM dengan masa revolusi sekitar 29,5 tahun.
7. Uranus
Planet dengan diameter 49.000 KM ini memiliki jarak dengan Matahari sejauh 2.875 juta KM dan waktu revolusi yang dibutuhkan yaitu 84 tahun.
Uranus dikenal sebagai planer paling dingin dalam sistem tata surya. Sebab suhu permukaan pada planet ini bisa mencapai -224 derajat C.
8. Neptunus
Planet dengan jarak terjauh dengan Matahari adalah planet Neptunus, dengan jarak rata-rata sekitar 4.497 juta KM dan membutuhkan waktu selama 164,8 tahun untuk berrevolusi.
Nah, sekarang sudah tahu planet 8 planet dalam tata surya dengan jarak terdekat sampai terjauh dengan Matahari bukan? (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020