Tekno & Sains
·
12 Januari 2021 18:41

Yuk Kenali Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya yang Menyelimuti Bumi!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Yuk Kenali Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya yang Menyelimuti Bumi! (180003)
searchPerbesar
Lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Sumber: World Atlas
Lapisan atmosfer atau lapisan udara yang selama ini kita kenal sebagai menyelimuti bumi, ternyata terdiri atas beberapa susunan atau lapisan lho!
ADVERTISEMENT
Lapisan atmosfer ini sendiri mengandung partikel gas yang memiliki ketebalan dan fungsi yang berbeda-beda.
Secara umum, kita tentu sudah mengetahui bahwa lapisan atmosfer memiliki fungsi untuk melindungi bumi agar tidak terkena paparan cahaya matahari atau ultraviolet yang berlebihan.
Selain itu, atmosfer juga dikenal dapat melindungi bumi dari hantaman benda-benda langit atau benda luar angkasa yang jatuh (seperti meteor). Namun sebenarnya atmosfer sendiri tersusun dari 5 lapisan yang memiliki fungsi masing-masing. Yuk simak apa saja lapisan-lapisan tersebut!

Lapisan Atmosfer Pelindung Bumi dari Benda Angkasa

Berikut lima lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan permukaan bumi hingga lapisan yang terluar lengkap dengan fungsinya yang perlu kita ketahui!
Yuk Kenali Lapisan Atmosfer Beserta Fungsinya yang Menyelimuti Bumi! (180004)
searchPerbesar
Ilustrasi lapisan atmosfer. Sumber: Testbook
Troposfer
Troposfer merupakan lapisan paling bawah atau paling dekat dengan permukaan bumi. Letaknya berkisar antara 8-14 kilometer dari permukaa bumi. Dalam lapisan inilah kita bisa menghirup udara dan merasakan adanya perubahan cuaca atau iklim serta adanya gumpalan awan. Pada lapisan ini dimanfaatkan sebagai jalur penerbangan pesawat atau balon terbang. Lapisan ini sendiri berperan untuk meminimalisir paparan sinar dari benda langit
ADVERTISEMENT
Stratosfer
Stratosfer memiliki ketinggian sekitar 11-50 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan ini sendiri umumnya dikenal sebagai lapisan ozon, sebab stratosfer adalah lapisan atmosfer yang tersusun dari ozon. Kamu tentu sudah sangat tahu apa fungsi ozon bukan? Fungsi ozon sendiri ialah sebagai lapisan pelindung yang dapat menyerap sinar radiasi ultraviolet/matahari yang berbahaya bagi makhluk hidup.
Mesosfer
Lapisan mesosfer tingginya sekitar 48-80 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan inilah yang dapat melindungi bumi dari hantaman benda langit atau benda luar angkasa yang jatuh. Biasanya jika ada benda langit yang jatuh ke arah bumi, benda tersebut akan habis terbakar atau terkikis oleh lapisan mesosfer.
Termosfer
Semakin naik ke atas lapisan atmosfer biasanya temperaturnya juga akan semakin dingin. Namun jika sudah sampai termosfer maka suhu lapisan tersebut akan semakin panas. Suhu di termosfer sendiri diperkirakan mencapai 1500 derajat celcius. Meskipun temperaturnya sangat panas, namun jika kita berada dalam lapisan tersebut maka kita justru akan teta merasa dingin, pasalnya lapisan tersebut tidak memiliki molekul gas untuk menghantarkan panas ke tubuh. Tingginya sendiri berkisar antara 80-482 kilometer. Pada lapisan ini biasanya terbentuk fenomena munculnya aurora.
ADVERTISEMENT
Eksosfer
Eksosfer letaknya berada paling luar bumi yang tersusun dari Hidrogen dan Helium. Pada lapisan ini, manusia sudah tidak bisa menghirup udara untuk bernapas. Lapisan ini sendiri dimanfaatkan sebagai lintasan edar bagi satelit luar angkasa.
Sekarang kamu sudah tahu kalu selama ini udara yang kita hirup berasal dari lapisan troposfer. Setelah membaca ulasan di atas, semoga wawasanmu tentang lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi selama ini bisa bertambah ya! (HAI)