Tekno & Sains
·
10 Agustus 2021 9:45
·
waktu baca 3 menit

Fakta Genghis Khan Tiduri Banyak Wanita, Jutaan Orang Kini Warisi DNA Miliknya

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Fakta Genghis Khan Tiduri Banyak Wanita, Jutaan Orang Kini Warisi DNA Miliknya (219302)
searchPerbesar
Patung Genghis Khan. Foto: Wikimedia Commons
Sosok Genghis Khan sebagai pendiri Kekaisaran Mongolia sangat legendaris. Karakternya yang bengis, ternyata menyimpan fakta mengejutkan sebagai penguasa Mongolia.
ADVERTISEMENT
Genghis Khan lahir pada 1162 dan wafat pada 1227. Dia terlahir dengan nama Temujin.
Saat menaklukkan sebagian besar Asia, China hingga Persia pasukan Genghis Khan dikenal kerap membantai para pria dan menjadikan wanita sebagai gundik. Menurut banyak literasi sejarah, Jengis Khan punya harem atau selir bisa lebih dari 1.000 wanita.
Mengutip The Guardian, fakta bahwa Genghis Khan pernah ‘tiduri’ wanita itu dibuktikan lewat penelitian DNA menguak bukti bahwa hampir 40 juta orang di dunia ini terindikasi merupakan keturunan Jenghis Khan.
Secara statistik berarti 1 dari 200 populasi di dunia. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh pakar genetika evolusi dari Wellcome Trust Sanger Institute, Hinxton, Inggris bernama Chris Tyler-Smith, menyebutkan bahwa lebih dari 16 juta pria memiliki unsur genetika sebagai keturunan Genghis Khan.
ADVERTISEMENT
Penelitian juga menguak fakta bahwa 8 persen pria dari enam belas populasi di Asia, serta 0,5 persen laki-laki di dunia memiliki kromosom Y yang nyaris mirip dari keturunan Jengis Khan.
Variasi unik genetik dalam DNA menunjukkan adanya garis keturunan yang sama diawali pada kurang lebih 1.000 tahun yang lalu di Mongolia.
Kromosom Y adalah jejak variasi genetik yang ditinggalkan oleh garis keturunan ayah dalam pohon keluarga yang lebih besar.
Di China sendiri hingga saat ini ada sekitar 1,5 juta orang berdarah Jenghis Khan dan para keturunan tinggal di China bagian utara.
Oleh karena itu, Genghis Khan yang menurut sejarah sudah menikah sejak umur 16 dan punya empat putra sebagai pewaris kekaisaran itu juga dijuluki ‘ayah super’ mengingat begitu banyak keturunannya.
ADVERTISEMENT
Genetik dari Genghis Khan diwariskan hingga ke beberapa generasi di masa mendatang, bahkan hingga saat ini dan menyebar di sejumlah belahan negara.
Wilayah kekuasaan Genghis Khan tercatat terbentang mulai dari pinggir samudera Pasifik hingga samudera Hindia.
Pasukan Mongol Genghis Khan sering melakukan genosida dan pemusnahan masal dalam skala yang kolosal saat menaklukan bangsa-bangsa lain.
Lebih kurang 40 juta orang terbunuh sepanjang pelaksanaan operasi militer Mongol pada abad 13. Angka itu setara dengan 280 juta jiwa jika dibandingkan dengan populasi abad 20 – sekitar 4 kali jumlah korban Perang Dunia I dan II digabungkan sekaligus.
Tahun 1293 Jawa sempat merasakan sengatan militer Mongol berkekuatan 20.000 hingga 30.000 orang, saat dikirim untuk menghukum raja Jawa Kertanegara.
ADVERTISEMENT
Aksi bengis pasukan Genghis Khan yang disebut berkuasa selama 65 tahun juga dikenal menghabisi populasi umat Islam.
Fakta dari Jengis Khan ini mencuri perhatian netizen dan diposting oleh akun @wowartikel. Banyak komentar dilontarkan warganet.
“Masih kalah jauh sama Nabi adam, DNA dia ada di smua manusia yg di dunia trmasuk Si khan khan itu,” kata @aseppppp_nih.
“Ini yg namanya Bapak Dunia, coba kita tarik mana saja yg di jajan mongol,” celetuk @yonathancahyo
“Mungkin kah kalian salah satunya?,” kata @ayah_nya_nero. (ace)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020