Tekno & Sains
·
25 November 2020 13:47

Heboh Kabar Penemuan Manusia Burung di Situs Arkeologi Rusia

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Heboh Kabar Penemuan Manusia Burung di Situs Arkeologi Rusia (88983)
Ilustrasi 'manusia burung' dari film Birdman. Foto: Splash News
Apa yang terpikir dalam benakmu jika menemukan manusia burung? Apakah sama dengan 'manusia burung' pada film Birdman? Omong-omong soal manusia burung, sekelompok arkeolog baru saja menemukan dua situs pemakaman misterius yang terletak di situs arkeologi Ust-Tartas di wilayah Novosibirsk, Siberia, Rusia.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, di dalam dua makam tersebut tersimpan kerangka manusia beserta sisa-sisa perlengkapan spiritual mereka masing-masing, yang diduga sebagai shaman atau penganut ajaran spiritual Shamanisme.
Salah satu kerangka manusia dimakamkan dalam kostum yang terbuat dari kurang lebih 50 paruh burung. Sedangkan, pada kerangka lain ditemukan kacamata yang tampak seperti kacamata perunggu.
Heboh Kabar Penemuan Manusia Burung di Situs Arkeologi Rusia (88984)
Temuan arkeolog di situs arkeologi Ust-Tartas, Siberia, Rusia. Foto: The Siberian Times
Paruh burung yang membentuk kostum salah satu kerangka manusia --yang kemudian disebut sebagai “manusia burung”-- diduga berasal dari burung bangau, walaupun paruh burung itu belum benar-benar dianalisis. Aksesori yang terbuat dari burung itu berada di belakang leher dan tengkorak si “manusia burung”. Kobeleva menduga kalung itu digunakan sebagai kerah pelindung.
Adapun penemuan kacamata kuno pada kerangka lainnya jelas terbuat dari perunggu. Akan tetapi, para arkeolog tidak yakin apakah kacamata tersebut merupakan bagian dari topeng penguburan atau terkait dengan praktik spiritual yang dilakukan si pemilik kerangka ketika dia masih hidup.
ADVERTISEMENT
Lilia Kobeleva dari Institute of Archaeology and Ethnography mengatakan kepada The Siberian Times bahwa “ada lebih dari 30 situs arkeologi pemakaman lainnya, namun tidak ada yang sama mengesankannya dengan penemuan di dua kuburan ini.” Dia juga menambahkan bahwa “kedua orang yang ditemukan itu pasti memiliki peran khusus dalam masyarakat.”
Kedua kerangka itu sendiri diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun, dan mungkin berasal dari budaya Odinov atau budaya yang berjaya di wilayah tersebut ketika Zaman Perunggu. Sementara itu, alat-alat spiritual yang ditemukan masih menjadi misteri. Pasalnya, kedua kerangka dan makam mereka tersebut tidak memberikan petunjuk secara pasti tentang praktik sosial maupun keagamaan kelompok tertentu. (bel)