News
·
7 Juni 2021 18:29
·
waktu baca 2 menit

Kerja Ikhlas, Pria di India Bersihkan Sungai Sepanjang 160 Km dari Limbah

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Kerja Ikhlas, Pria di India Bersihkan Sungai Sepanjang 160 Km dari Limbah (31953)
searchPerbesar
Balbir Singh Seechewal alias Eco Baba punya kepedulian terhadap lingkungan. Foto: Istimewa
Balbir Singh Seechewal benar-benar menunjukkan pada dunia apa itu definisi bekerja dengan ikhlas. Pria asal Punjab, India ini dengan niat tulus membersihkan sungai Kali Bein sepanjang 160 kilometer dari berbagai limbah yang telah mengendap.
ADVERTISEMENT
Seperti diunggah akun @rangkumanfakta di Instagram, pria yang dikenal juga sebagai Eco Baba ini sudah memutuskan menjadi pecinta lingkungan. Sejak tahun 2000, dia menilai bahwa harus ada penanganan soal limbah domestik dan industri yang mencemari Kali Bein, anak sungai Beas.
Lebar sungai yang dianggap keramat oleh banyak orang di negara bagian itu telah berkurang banyak akibat pengendapan limbah. Sebelum dibersihkan Eco Baba, sungao itu diketahui hanya punya lebar selebar selokan.
Tak hanya ukuran, beberapa bagian sungai tersebut juga mengering. Sehingga mengakibatkan masalah air yang sangat besar di lahan pertanian yang mengandalkan aliran sungai di sana.
Eco Baba yang bekerja tanpa dukungan pemerintah itu memulai pekerjaan dengan mengajari penduduk setempat tentang pentingnya membersihkan sungai.
ADVERTISEMENT
Ia juga meminta lebih banyak relawan dan mengumpulkan dana dengan bantuan kontribusi dari penduduk lebih dari 24 desa. Kumpulan dana itu bertujuan untuk membeli peralatan yang diperlukan untuk pembersihan sungai.
Kerja keras Eco Baba bersama para relawan menuai hasil memuaskan. Sungai Kali Bein sepanjang 160 km akhirnya bersih layaknya sungai pada umumnya. Sungai juga kembali lebar yang membuat aliran air bisa makin banyak yang bisa digunakan untuk keperluan sektor pertanian.
Tindakan Eco Baba ini mendapat pujian dari warganet. Mereka mengapresiasi kepedulian Eco Baba terhadap lingkungan yang tercemar.
"Panjang umur orang baik," ujar @naya.nassi.
"Gak selfie sih," tambah @larychen. (ace)