News
·
12 Februari 2021 15:18

Penuh Haru, Momen Penghormatan Terakhir KA Prameks Usai 27 Tahun Beroperasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Penuh Haru, Momen Penghormatan Terakhir KA Prameks Usai 27 Tahun Beroperasi (20214)
Penghormatan terakhir KA Prameks di stasiun kereta api Balapan Solo. Foto: @suryomulyo6
Sebuah rekaman video yang menunjukkan penghormatan terakhir para pegawai PT KAI dan PT KCI di Stasiun Solo Balapan ke Kereta Api Prambanan Ekspres atau Prameks menjadi sorotan publik. Mengingat KA Prameks resmi berhenti beroperasi setelah 27 tahun.
ADVERTISEMENT
Rekaman video itu dibagikan oleh @suryomulyo6 di akun Instagram-nya. Disebutkan KA Prameks resmi berhenti beroperasi per 9 Februari. Banyak kenangan bersama KA tersebut selama 27 tahun berdinas.
"Matur suwun Prameks yang telah banyak memberikan kenangan, memori, cerita dan akan banyak yang merindukanmu. 20 Mei 1994-09 Februari 2021," tulis akun @suryomulyo6 dalam unggahan tersebut.
Penuh Haru, Momen Penghormatan Terakhir KA Prameks Usai 27 Tahun Beroperasi (20215)
Penghormatan terakhir KA Prameks di stasiun kereta api Balapan Solo. Foto: @suryomulyo6
Penghormatan terakhir itu dilakukan pukul 18.30 WIB. Sementara pemberangkatan KA Prameks dari Stasiun Solo Balapan menuju Yogyakarta sesuai jadwal hariannya pukul 19.50 WIB.
KA Prameks diketahui pertama kali beroperasi pada 20 Mei 1994. KA ini melayani penumpang dengan rute Solo-Yogyakarta dan berhenti di tujuh stasiun.
Diketahui KA Prameks menjadi idola banyak orang, terutama yang sering berpergian di lintas Solo-Yogyakarta. Selain dapat memangkas waktu, harga tiket sekali perjalanannya terbilang murah, yakni Rp8 ribu.
ADVERTISEMENT
Menurut informasi dari PT KCI, KA Prameks akan digantikan dengan yang baru, yakni KRL Solo-Yogyakarta PP. Sementara KA Prameks digeser ke lintas Yogyakarta-Kutoarjo.
Berhentinya KA Prameks di lintas Solo-Yogyakarta ini membuat banyak warganet bersedih. Terutama mereka yang pernah atau sehari-harinya menggunakan KA Prameks.
"Konten mengandung gas air mata," kata @jelajahsolo.
"@srialnamutia @sukma_damayanti masih ingat gak berdiri satu jam full dari Jogja-Solo karna gak kebagian tempat duduk," kata @lisaagustin_s.
"Pramex penuh kenangan," ujar @tachta.citra. (ace)