Entertainment
·
1 Maret 2020 17:40

Pria Hindu di India Selamatkan Nyawa 6 Muslim yang Rumahnya Dibakar

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Pria Hindu di India Selamatkan Nyawa 6 Muslim yang Rumahnya Dibakar (97406)
Premkant Baghel. Foto: Tangkapan layar Twitter/@imMAK02
Beberapa pekan terakhir kondisi di India tengah memanas. Terjadi konflik antaragama menyusul aksi protes Rancangan Undang-undang Amandemen Kewarganegaraan atau CAA yang dinilai anti-Muslim.
ADVERTISEMENT
Melansir kumparanNEWS, CAA menuai kontroversi karena dinilai diskriminatif terhadap imigran ilegal Muslim. Rancangan undang-undang tersebut memperbolehkan imigran ilegal pemeluk enam agama minoritas asal Afghanistan, Bangladesh, dan Pakistan untuk memperoleh kewarganegaraan India.
Enam agama itu adalah Hindu, Sikh, Buddha, Jainisme, Parsi, dan Kristen. Padahal, banyak juga imigran Muslim yang dipersekusi di negara asalnya dan harus dilindungi. Aksi protes terhadap CAA ini pun diserang oleh massa Hindutva, organisasi Hindu sayap kanan India pendukung pemerintahan Narendra Modi.
Bentrokan antara warga Hindu dan Muslim pun tak terhindarkan. Aksi saling lempar batu terjadi di wilayah-wilayah warga Muslim. Tak sampai di situ, sebuah masjid dilaporkan dibakar massa.
Polisi pun menangkap ratusan orang yang dinilai jadi biang kerusuhan. Sementara puluhan orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka akibat kerusuhan tersebut
ADVERTISEMENT
Di tengah gesekan yang terjadi antar umat beragama, seorang pria Hindu di India tunjukkan rasa kemanusiaannya. Melansir IndiaTimes, pria bernama Premkant Baghel ini selamatkan enam muslim tetangganya saat rumah mereka dibakar.
Premkant Baghel mengaku selama ini umat Hindu dan Muslim sebenarnya hidup damai di wilayah Shiv Vihar, New Delhi, India. Sayangnya konflik yang terjadi sudah membuat suasana memburuk. Rumah warga muslim dibakar oleh perusuh.
Baghel pun memberanikan diri untuk menyelamatkan tetangganya yang terjebak di rumah mereka yang terbakar. Berhasil selamatkan enam orang tetangga muslimnya, Baghel harus menderita luka bakar 70 persen.
Luka bakar itu didapatnya saat menyelamatkan ibu dari tetangganya tersebut yang sudah lanjut usia. Sayangnya Baghel tak langsung bisa dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pengobatan atas luka bakarnya.
ADVERTISEMENT
Teman-teman dan keluarganya sudah berusaha memanggil ambulans, namun tak kunjung datang. Baghel harus menahan rasa sakit akibat luka bakar semalaman di rumahnya. Ia baru bisa dibawa ke rumah sakit keesokan paginya, untuk mendapatkan pengobatan.
Kisahnya pun viral di media sosial. Salah satunya dibagikan oleh akun Twitter @imMAK02 pada Sabtu (29/2). Cuitan itu sudah disukai lebih dari 10 ribu kali hingga tulisan ini dibuat. Warganet ramai puji keberanian dan rasa kemanusiaan Baghel.
"Semoga pria ini lekas sembuh. Terima kasih atas keberanian dan usaha kerasmu," ujar @HabibJunaid.
"Semoga lekas sembuh. Ini India yang sesungguhnya," sahut @adi10932698.
"Semoga kemanusiaan selalu hidup. Aku mendoakan kesembuhannya," tambah @DebjitSen. (rin)