News
·
22 Mei 2020 12:39

Sempat Lawan Petugas PSBB, Siapa Sebenarnya Habib Umar Assegaf?

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Sempat Lawan Petugas PSBB, Siapa Sebenarnya Habib Umar Assegaf?  (113894)
Viral Video Abdullah Assegaf lawan petugas PSBB Surabaya Raya. Foto: Dok. Istimewa
Habib Umar Assegaf baru-baru ini viral di media sosial. Hal itu terkait aksinya yang melanggar aturan PSBB di Surabaya. Ia juga terlihat saling dorong dengan petugas yang berjaga karena tak terima diingatkan.
ADVERTISEMENT
Kejadian ini terjadi pada Rabu (20/5) sekitar pukul 16.45 WIB. Mobil hitam berpelat N1B yang ditumpangi Habib Umar diberhetikan di exit tol Satelit Surabaya. Ia kemudian diperintahkan untuk putar balik.
Beberapa pelanggaran yang dilakukan Habib Umar beserta rombongan salah satu di antaranya yaitu sang sopir tidak memakai masker. Selain itu, penumpang di dalam mobil juga melebihi kapasitas yang telah ditentukan selama PSBB.
Sempat Lawan Petugas PSBB, Siapa Sebenarnya Habib Umar Assegaf?  (113895)
Tangkapan layar Instagram/@lambe_turah
Dalam peraturan PSBB di Surabaya, ada juga ketentuan yang menyebut mobil dengan pelat selain L (Surabaya) dan W (Sidoarjo/Gresik) diharuskan putar balik saat memasuki Kota Pahlawan tersebut.
Video viral itu sempat diunggah ulang oleh akun Instagram @lambe_turah. Nyatanya, meski Habib Umar melakukan pelanggaran PSBB, banyak warganet yang justru membelanya.
ADVERTISEMENT
"Petugas mulai kacau, tidak taat kepada Habib. Tolong dihargai itu keturunan Rasulullah," ujar @rioziqty_iltizam.

Lalu, siapa sebenarnya Habib Umar Assegaf?

Habib Umar diketahui sebagai salah satu pemuka agama yang cukup terkenal di Jawa Timur. Ia merupakan pengasuh Majelis Maulid Watta'lim Roudhotussalaf, Bangil, Pasuruan. Ia kerap mengadakan pengajian di beberapa daerah di Pasuruan dan memiliki jemaah hingga puluhan ribu.
Pada 22 Maret 2020, Habib Umar bersama Majelis Roudlotussalaf mengadakan acara Haul Akbar di sekitar Masjid Agung Bangil. Dalam acara tersebu,t ia membagikan santunan kepada 2.398 anak yatim-piatu.
Itulah alasan mengapa Habib Umar banyak didukung walau telah melakukan pelanggaran PSBB. Meski begitu, tampaknya akan lebih bijak bila sang Habib menjadi contoh hal yang lebih baik dalam kebijakan PSBB, mengingat ia punya banyak sekali pengikut. (jul)
ADVERTISEMENT