Termasuk Gagak, Ternyata Ini 9 Jenis Hewan Paling Cerdas di Bumi

Membahas isu-isu yang lagi viral
Konten dari Pengguna
22 Januari 2021 14:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Viral tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gagak, salah satu hewan paling cerdas di bumi. Foto: Pixabay/Alexas_Fotos
zoom-in-whitePerbesar
Gagak, salah satu hewan paling cerdas di bumi. Foto: Pixabay/Alexas_Fotos
ADVERTISEMENT
Hewan juga memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, sama halnya dengan manusia. Namun, bagaimana cara mengukur seberapa cerdas mereka, termasuk jenis hewan mana yang paling cerdas dibanding yang lain?
ADVERTISEMENT
Untuk mengukur seberapa cerdas mereka, penelitian pun dilakukan terhadap berbagai jenis hewan untuk mengetahui sejauh apa kemampuan mereka dalam memecahkan masalah, berkomunikasi, bahkan mengenali rupa mereka sendiri.
Dari beberapa jenis hewan yang pernah diuji, hewan-hewan ini dianggap sebagai hewan yang paling cerdas sebagaimana dikutip dari NBC News.

1. Simpanse

Mempelajari berbagai jenis primata, terutama primata besar, merupakan kunci untuk mengetahui kehidupan manusia di zaman purba. Begitu pula melalui simpanse yang memiliki kesamaan DNA dengan manusia hingga 98 persen.
Primata besar memang hewan yang memiliki kecerdasan tinggi. Namun, yang tertinggi di antara primata tersebut adalah simpanse.
Simpanse memiliki kemampuan dalam menggunakan alat-alat sederhana, seperti menggunakan ranting untuk memancing semut dari sarangnya. Sebab, mereka tahu semut bisa menggigit kalau dipegang langsung. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan batu untuk membuka kulit kacang yang keras.
ADVERTISEMENT
Tak hanya memiliki kemampuan dalam menggunakan alat-alat sederhana, simpanse juga memiliki empati, altruisme, dan kesadaran diri. Hal-hal tersebut hanya bisa dimiliki oleh makhluk dengan kecerdasan tinggi.

2. Lumba-Lumba

Lumba-lumba juga bisa menggunakan alat, sama seperti simpanse. Demi mencegah moncongnya terluka, seekor lumba-lumba menggunakan spons untuk menutupi mulutnya. Cara menggunakan spons tersebut pun ia ajarkan kepada anaknya.
Lumba-lumba juga memiliki kemampuan untuk mengenali simbol. Bahkan, mereka mampu memecahkan masalah dengan baik. Kemampuan mengenali bayangan dirinya di dalam cermin juga menunjukkan bahwa lumba-lumba memiliki kecerdasan tinggi.

3. Gajah

Salah satu bukti kecerdasan hewan satu ini terekam oleh National Geographic di Kenya pada tahun 2013. Dalam rekaman video terlihat beberapa ekor gajah ditemukan sedang berduka karena kematian pemimpin mereka, yaitu seekor gajah betina yang sudah tua.
ADVERTISEMENT
Mereka terlihat hanya berdiam diri mengelilingi mayat gajah betina itu. Tentu, itu merupakan hal yang tidak biasa. Sebab, gajah biasanya selalu aktif bergerak.
Selain itu, hewan berbelalai ini juga terkenal tidak pernah lupa. Mereka bisa mengingat wajah orang dalam waktu lama, termasuk orang-orang yang menyakitinya. Tidak hanya ingat, gajah juga bisa membalas dendam.
Dari beberapa spesies hewan yang mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin, gajah merupakan salah satunya.

4. Gurita

Gurita. Foto: Pixabay/edmondlafoto
zoom-in-whitePerbesar
Gurita. Foto: Pixabay/edmondlafoto
Siapa sangka, ternyata gurita juga termasuk hewan yang cerdas. Salah satu bukti kecerdasannya adalah gurita selalu mampu untuk melarikan diri bila terperangkap.
Gurita tidak memiliki senjata pada tubuhnya untuk mempertahankan diri, kecuali tinta. Akan tetapi, gurita memiliki kemampuan luar biasa untuk menipu lawan dengan berpura-pura menjadi hewan laut yang menyeramkan.
ADVERTISEMENT
Gurita juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan belajar dari gurita lain untuk memecahkan masalah.

5. Burung Gagak

Sama halnya seperti lumba-lumba dan simpanse, gagak ternyata juga bisa menggunakan alat dan memiliki kecerdasan yang cukup untuk menyelesaikan masalah.
Dalam sebuah video dari The New York Times di atas menunjukkan seekor burung gagak mencoba mengambil makanan dari dalam tabung yang berisi air. Gagak itu mengambil batu dan menjatuhkannya ke dalam tabung sehingga volume air naik. Ia pun bisa dengan mudah mengambil makanan dari dalam tabung.
Bahkan, ketika ia diharuskan memilih antara menggunakan benda yang berat atau benda yang ringan untuk mengambil makanannya, gagak bisa memilih di antara keduanya.

6. Tupai

Tupai. Foto: Pixabay/rethinktwice
zoom-in-whitePerbesar
Tupai. Foto: Pixabay/rethinktwice
Kamu mungkin pernah melihat tingkah lucu tupai dalam film Ice Age. Dalam film itu, si tupai mencoba untuk menyimpan kacang yang ia bawa agar tidak dicuri.
ADVERTISEMENT
Ternyata memang itulah salah satu bentuk kecerdasan tupai. Hewan ini bisa mendeteksi siapapun yang akan mengambil makanan mereka. Bahkan, tupai bisa mengetahui gelagat manusia yang berniat jahat kepada mereka. Luar biasa, bukan?

7. Anjing

Anjing. Foto: Pixabay/Ylanite Koppens
zoom-in-whitePerbesar
Anjing. Foto: Pixabay/Ylanite Koppens
Kecerdasan hewan satu ini memang bukan lagi sesuatu yang aneh bagi manusia. Anjing dianggap cerdas karena bisa dilatih untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bukan kemampuan alamiahnya.
Selain itu, anjing juga dapat memahami perintah sederhana manusia. Oleh karenanya, anjing mudah diajarkan untuk membantu pekerjaan manusia. Termasuk, salah satunya yaitu anjing pelacak.

8. Kucing

Ilustrasi kucing. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kucing. Foto: Pixabay
Kucing memiliki daya ingatan yang lebih panjang daripada anjing. Jika anjing bisa mengingat selama waktu lima menit, maka kucing dapat mengingat selama 16 jam. Tentu selisih waktu yang lumayan panjang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kucing pun sebenarnya bisa dilatih untuk melakukan perintah manusia. Hanya saja, lantaran sifat mereka yang sangat mandiri membuat kucing cenderung sulit menuruti perintah manusia.

9. Babi

Hewan satu ini mungkin dipandang negatif, terlebih di Indonesia. Namun, ternyata babi merupakan hewan yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi.
Dalam video dari BBC Earth di atas menunjukkan bagaimana babi kecil berusia 6 minggu sudah bisa membedakan makanan yang asli dan makanan yang merupakan hanya bayangan di cermin. Malah, kecerdasan babi berusia 18 bulan bisa dibandingkan dengan manusia balita.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·