Woman
·
24 Februari 2021 12:48

Tradisi Unik Wanita Suku Mursi, Jadikan Bibir Lebar Sebagai Simbol Kecantikan

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Tradisi Unik Wanita Suku Mursi, Jadikan Bibir Lebar Sebagai Simbol Kecantikan (132871)
Potret wanita Suku Mursi. (Foto: Flickr/warre schelfhout)
Tak ada habisnya jika bicara standar kecantikan wanita. Sebab, standar kecantikan di setiap negara pun berbeda-beda. Ada orang yang merasa cantik karena memiliki kulit putih, pinggang yang ramping, mata besar, hidung yang mancung, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Begitupun dengan standar kecantikan pada wanita Suku Mursi yang merasa dirinya cantik jika memiliki bibir bawah yang lebar. Suku ini berada di selatan Ethiopia yang mendiami lembah dan di dekat sungai Omo, tepatnya sekitar 450 kilometer dari Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa.
Salah satu suku unik di dunia ini memiliki sebuah piring di bibirnya. Piring dengan diameter antara 10 sentimeter hingga 25 sentimeter itu menggantung di bawah bibir wanita Suku Mursi.
Tradisi Unik Wanita Suku Mursi, Jadikan Bibir Lebar Sebagai Simbol Kecantikan (132872)
Ilustrasi wanita suku musri. (Foto: Rod Waddington)
Tradisi ini disebut 'labret' atau 'lip plate', yang dilakukan pada gadis berusia 15 hingga 16 tahun sejak ratusan tahun lalu. Labret ini menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat atau plat kayu.
Cara menggunakan piring ini adalah dengan mengiris bagian bawah sepanjang 1 sentimeter hingga 2 sentimeter. Kemudian baru dimasukkan piring tersebut ke bagian bawah mulut.
ADVERTISEMENT
Setelah 2 hingga 3 minggu, piring itu akan diganti dengan ukuran yang lebih besar lagi. Diameter yang terbesar adala 25 sentimeter dan yang terkecil 10 sentimeter. Untuk mengobati luka-luka bekas piring, biasanya perempuan Suku Mursi menggunakan salep yang berasal dari tanaman.
Tradisi Unik Wanita Suku Mursi, Jadikan Bibir Lebar Sebagai Simbol Kecantikan (132873)
Bibir lebar simbol kecantikan. (Foto: Flickr / María Velázquez de Castro)
Semakin besar piring, menandakan wanita yang menggunakannya semakin dewasa dan siap untuk menikah. Itu juga mendakan semakin besar pula mahar yang harus pria bayarkan untuk wanita dengan piring besar di bibirnya.
Selain itu, piring di mulut ini menunjukkan bahwa wanita suku Mursi memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Bahkan, piring itu juga menjadi simbol kedewasaan dan kecantikan.
Wah, unik ya. Jadi, bagaimana standar kecantikan kalau menurut kamu? (Via)