Bromo Dinobatkan Jadi Taman Tercantik di Dunia, Khofifah: Ayo ke Bromo

Konten Media Partner
3 Desember 2023 8:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Khofifah saat berkunjung ke Bromo bersama keluarga. Foto:  Humas Pemprov Jatim
zoom-in-whitePerbesar
Khofifah saat berkunjung ke Bromo bersama keluarga. Foto: Humas Pemprov Jatim
ADVERTISEMENT
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kegembiraanya usai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur, dinobatkan sebagai The World’s Most Beautiful National Parks 2023 yang dirilis Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, Caifornia, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
TNBTS berada di peringkat ketiga di bawah Taman Nasional Kruger yang terletak di Afrika Selatan yang menduduki peringkat pertama dan Taman Nasional Lençóis Maranhenses di Brazil yang menempati peringkat kedua.
Penilaian Bounce didasarkan pada akumulasi jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan daring, serta pencarian kata kunci di Google sepanjang 2023. Dalam daftar Bounce, peringkat Bromo bahkan berada jauh di atas Taman Hutan Nasional Zhangjiajie di China dan Taman Nasional Fuji Hakone Izu di Jepang.
"Alhamdulillah. Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia. Syukur alhamdulillah tiada terhingga atas besarnya anugerah Allah SWT di Bumi Majapahit ini," ungkap Khofifah, Minggu (3/12).
ADVERTISEMENT
Khofifah mengatakan, TNBTS menyajikan lanskap unik, di mana setiap sudutnya begitu mempesona dan mampu membius siapa saja yang berkunjung. Selain Gunung Bromo, tambahnya, di kawasan tersebut juga ada Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, padang savana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru.
"Selain keindahan alam, Kawasan Bromo yang didiami Suku Tengger juga menjanjikan wisata budaya yang tidak kalah menariknya. Di sana ada berbagai kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur," tuturnya.
"Yang belum pernah ke Bromo, ayo datang dan nikmati kepingan surga ini. Seumur hidup, paling tidak harus pernah datang ke Bromo," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Dalam metode perhitungannya, Bounce memberi bobot nilai terhadap 100 taman nasional terbaik di dunia menurut laman TourScanner.com. Kemudian tim riset Bounce menghitung skor berdasarkan jumlah unggahan di Instagram, jumlah penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022-September 2023 menurut Google Ads, serta ulasan terhadap setiap taman nasional di Google.
Bouce mencatat, unggahan terkait Bromo Tengger Semeru telah berhasil mengumpulkan sebanyak satu miliar penayangan di TikTok dan lebih dari 930 ribu postingan di Instagram dalam satu tahun terakhir. Tak sampai di situ, taman nasional ini juga memiliki ulasan yang cukup baik, yakni 4,8 bintang.