Food & Travel
·
20 Juli 2021 12:46
·
waktu baca 2 menit

Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Tanpa Santan

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Tanpa Santan (39943)
searchPerbesar
Sup Sengkel Kambing. Foto-foto: Istimewa
Perayaan Idul Adha identik dengan daging kambing. Daging ini pula yang jadi pilihan juru masak Quest Hotel Darmo Surabaya untuk menyemarakkan Idul Adha.
ADVERTISEMENT
Kali ini, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya yang kerap disapa dengan Chef Dul menyajikan Sup Sengkel Kambing dan Samosa Kambing.
“Saya ingin membagikan resep yang berbeda dari yang pernah ada pada umumnya,” ujar Chef Dul, Selasa (20/7).
Menurut Chef Dul, umumnya olahan daging kambing banyak menggunakan santan sebagai bahan pelengkap. Namun Chef Dul membuat sup yang sehat tanpa santan sehingga dapat dinikmati oleh siapa pun tanpa khawatir efek samping yang mungkin ditimbulkan.
Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah, yakni daging kambing bagian sengkel, wortel, kentang, tomat, dan seledri. Adapun bumbunya terdiri dari aneka rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu penyedap lainnya.
Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Tanpa Santan (39944)
searchPerbesar
Chef Dul saat membuat samosa dengan isian daging kambing.
Tekstur sup daging dari bagian sengkel ini cenderung kenyal sehingga menjadikan sup tersebut menarik dan berbeda dari potongan daging yang lain.
ADVERTISEMENT
Menggunakan rempah dan bahan-bahan yang sehat membuat hidangan tersebut sebagai menu sehat dan dapat dikonsumsi sebagai penambah daya tahan tubuh.
Menu lainnya yang dibuat adalah Samosa dengan isian daging kambing di dalamnya. Proses membuat camilan khas Timur Tengah ini cukup mudah. Bahannya hanya wortel, kentang, bumbu maderaas kari, bawang bombay, bawang putih, merica, chicken powder, gula, dan garam.
Semua bahan tersebut ditumis menjadi satu hingga matang kemudian adonan daging yang sudah dibumbui tadi dimasukkan ke dalam kulit pangsit hingga berbentuk segitiga. Kudapan ini sangat mudah dibuat di rumah dan cocok disajikan sebagai camilan keluarga.
Sementara itu, Doliez Barmawie Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya menambahkan, cara memasak menu daging kambing ini dapat menjadi referensi menu olahan kambing yang berbeda dari yang sudah pernah ada, sup sengkel kambing yang sehat dan cukup mudah dibuat di rumah.
ADVERTISEMENT
“Dapat menambah daya tahan tubuh juga karena supnya hangat dengan isian sayur yang menyehatkan tubuh,” tukasnya.