News
·
27 Maret 2021 16:55

Ingin Siswa Lebih Enjoy Belajar, Sekolah Cikal Pakai Aplikasi Keren Ini

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Ingin Siswa Lebih Enjoy Belajar, Sekolah Cikal Pakai Aplikasi Keren Ini (25671)
searchPerbesar
Pandemi COVID-19 membawa perubahan bagi kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran tak lagi dilakukan tatap muka namun secara daring. Teknologi dalam pendidikan sangat dibutuhkan agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif.
ADVERTISEMENT
Ini seperti yang diterapkan Sekolah Cikal Surabaya. Sekolah di kawasan jalan raya Lontar ini menggunakan berbagai platform teknologi untuk pembelajaran di kelas.
"Platform utama kami adalah sekolah.mu. Semua materi dan tugas ada di platform tersebut," ujar Awalia Yusi Ramadhanti, guru SD kelas 3 Cikal Surabaya, kepada Basra, Sabtu (27/3).
Ingin Siswa Lebih Enjoy Belajar, Sekolah Cikal Pakai Aplikasi Keren Ini (25672)
searchPerbesar
Lebih lanjut guru yang kerap disapa Lia itu menuturkan, dalam platform tersebut juga terhubung dengan akun orang tua siswa. Dengan demikian orang tua dapat langsung memantau materi maupun tugas sang buah hati.
"Guru juga bisa langsung report ke orang tua," imbuh Lia.
Selain platform sekolah.mu, ada beberapa aplikasi lainnya yang juga dipakai Cikal Surabaya selama pembelajaran daring. Lia lantas menyebut aplikasi genially, wordwall, hingga padlet.
ADVERTISEMENT
"Sebenarnya untuk aplikasi sendiri tidak ada yang favorit karena saling melengkapi. Tergantung kebutuhannya karena pihak sekolah menyediakan akun premium memfasilitasi guru-guru untuk mendesain pembelajaran dan penilaian," jelas Lia.
Ingin Siswa Lebih Enjoy Belajar, Sekolah Cikal Pakai Aplikasi Keren Ini (25673)
searchPerbesar
Diakui Lia, koneksi internet menjadi kendala dalam proses pembelajaran daring. Namun setahun berjalan, siswa kini terlihat menikmati setiap proses pembelajaran daring.
"Dulu awal-awal siswa kesulitan apalagi yang paling dasar (kelas satu). Mereka kesulitan mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring, tapi seiring berjalannya waktu sekarang siswa sudah enjoy," jelas Lia.
Untuk program yang membutuhkan eksperimen, lanjut Lia, Cikal Surabaya memfasilitasi siswa dengan learning kit. Ini bisa diambil secara drive thru di sekolah.
Sementara itu Fidelis Permana Sari, guru SD kelas 2 Cikal Surabaya, mengungkapkan selama pembelajaran daring guru dituntut untuk kreatif agar siswa tak bosan karena harus menatap layar gawai.
Ingin Siswa Lebih Enjoy Belajar, Sekolah Cikal Pakai Aplikasi Keren Ini (25674)
searchPerbesar
"Tiap hari harus sekolah daring pastilah ada rasa bosan pada anak-anak. Nah, itu jadi tantangan buat kita, bagaimana caranya agar anak-anak ini enjoy selama sekolah daring," jelas Fidelis.
ADVERTISEMENT
Menyelipkan game, inilah salah satu trik yang digunakan Fidelis untuk menjaga semangat anak didiknya selama belajar daring. Tentunya game yang dipilih Fidelis adalah game-game edukasi.
"Kita selingi game agar anak-anak tidak bosan. Ya education game buat anak-anak," ujar Fidelis.
Menurut Fidelis, selama belajar daring guru dituntut untuk berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran agar siswa tidak cepat jenuh menerima pembelajaran.
"Kita harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajarannya," pungkasnya.