Tips Kurangi Kelelahan saat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Konten Media Partner
15 April 2023 9:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi mengemudi. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengemudi. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
Perjalanan mudik dengan jarak ratusan kilometer bisa membuat pengemudi mobil merasa kelelahan. Suwoto, Service Head Astra Daihatsu HR Muhammad, memberikan tips agar berkendara menuju kampung halaman bisa lebih menyenangkan tanpa didera rasa kelelahan.
ADVERTISEMENT
"Penting melakukan persiapan dari awal dengan istirahat cukup, makan bernutrisi, termasuk persiapan & pengecekan kendaraannya di bengkel resmi. Dengan persiapan yang matang, maka berkendara akan lebih tenang dan happy," kata Suwoto kepada Basra, Sabtu (15/4).
"Bila perlu tambah konsumsi suplemen vitamin agar tubuh tetap fit selama perjalanan dan tiba di kampung halaman," imbuhnya.
Selain itu Suwoto juga mengingatkan pengemudi untuk dapat memanfaatkan tempat-tempat istirahat yang banyak dijumpai di sepanjang jalur mudik. Ini penting untuk memulihkan kondisi tubuh, jangan paksakan diri dengan mengemudi non stop tanpa ada jeda istirahat.
"Usahakan durasi menyetir jangan terlalu lama, maksimal 2 jam berhenti untuk istirahat. Durasi istirahat antara 10 – 20 menit, asal istirahat yang berkualitas, jika tidur maka tidurlah dengan posisi terlentang," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Pos Siaga Astra, pada musim mudik tahun ini tepatnya pada 19 sampai 27 April, grup Astra menyediakan Pos Siaga Astra yang dapat dimanfaatkan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Foto: Istimewa
Suwoto juga mengatakan, pengemudi juga harus memperbaiki posisi mengemudinya agar tidak mudah lelah saat mudik.
"Atur posisi jok/kursi, dibuat senyaman mungkin sesuaikan dengan anatomi tubuh masing-masing pengendara ya," tukasnya.
Selain itu, Suwoto mengingatkan untuk kapasitas mobil agar tidak melebihi kapasitas kendaraan. Usahakan jumlah penumpang maksimal sama dengan jumlah kursi agar nyaman menikmati perjalanan mudik.
"Lalu jumlah barang bawaan juga maksimal sesuai luas bagasi saja, jangan terlalu berat karena bisa mempengaruhi performa dari sistem suspensinya dan handling kendaraan," tandasnya.
Sementara itu, Imanuel Arnold Sudjati (Regional Office Head Astraworld Jawa Timur mengungkapkan, pada musim mudik tahun ini tepatnya pada 19 sampai 27 April, grup Astra menyediakan Pos Siaga Astra yang dapat dimanfaatkan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Di Jawa Timur, Pos Siaga Astra ini akan berada di Jombang tepatnya Rest Area Tol Jombang-Mojokerto Km. 695 A. Kemudian di Paiton tepatnya SPBU 5468310 Utama Raya, Krajan, Banyuglugur, Situbondo.
ADVERTISEMENT
"Selain dapat melakukan pemeriksaan atau perbaikan kendaraan, nantinya pemudik juga dipersilakan beristirahat di Pos Rehat Astra yang dilengkapi fasilitas ruangan ber-AC dan wifi gratis, serta tersedia makanan serta minuman ringan untuk para pemudik yang beristirahat," tukasnya.