kumparan
27 Mei 2018 16:38

Karakter

Oleh Dr Hj Sri Minarti, M.Pd.I
KARAKTER merupakan perilaku kebaikan yang telah menjadi kebiasaan dan tidak diperlukan pemikiran lagi dalam menjalankannya. Karakter adalah implementasi dari keimanan seseorang.
ADVERTISEMENT
Karakter seseorang terbangun melalui proses panjang, berawal dari pengetahuan akan membangun pola pikir, pola pikir membentuk sistem keyakinan, keyakinan akan terwujud dalam perilaku, dari perilaku yang diulang-ulang menjadi kebiasaan, akhirnya terbentuk karakter.
Sesungguhnya karakter seseorang terbangun diawali dari cara menentukan pasangan hidup orangtua, kebiasaan dalam keluarga, keteladanan dari orangtua dan lingkungan sekitarnya.
Pengetahuan awal dari keluarga, keteladan dari orangtua, ditambah sistem pendidikan yang telah direncanakan dengan pembiasaan menjalankan ajaran agama untuk mengembangkan karakter sebagai cara yang paling tepat.
Dalam sistem pendidikan, sebelum mengembangkan karakter peserta didiknya, jauh lebih penting membangun karakter pendidiknya.
Alangkah indah bila di bulan Ramadan 1439 Hijriyah ini kita jadikan ajang untuk meningkatkan keimanan, membangun karakter diri, menjadi teladan bagi generasi berikutnya.
ADVERTISEMENT
Ya Allah, ampunilah kekhilafan kami, aamiin. (*/kik)
Semoga bermanfaat.
Purwosari, 25 Mei 2018
Ilustrasi: kanalinfo
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan