News
·
6 April 2021 13:30

Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Bojonegoro

Konten ini diproduksi oleh Berita Bojonegoro
Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Bojonegoro (298835)
Menpan RB Tjahjo Kumolo, saat resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bojonegoro. Selasa (06/04/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)
Bojonegoro - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo, pada Selasa (06/04/2021), resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bojonegoro, yang berlokasi di Jalan Veteran, Kota Bojonegoro, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Mal Pelayanan Publik (MPP) menggabungkan berbagai macam pelayanan dalam satu tempat sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus perizinan dan non-perizinan.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Diah Natalisa; Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah; Asisten Daerah Provinsi Jawa Timur, Abimanyu Ponco Iswinarno; Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia, Dandim Bojonegoro, Letkol Bambang Hariyanto; Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, Sutikno; Ketua DPRD Bojonegoro, Imam Sholikin; Kepala SKPD dan OPD Pemkab Bojonegoro.
Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Bojonegoro (298836)
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, saat beri sambutan dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bojonegoro. Selasa (06/04/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada 9 Januari 2019 lalu, telah dilaksanakan soft launching gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) tersebut, namun fungsinya waktu itu belum didesain seperti MPP.
ADVERTISEMENT
"Sekarang fungsionalnya terus kami akselarasikan untuk sungguh-sungguh menjadi MPP satu atap dan satu pintu." kata Bupati Anna Muawanah.
Kemudian baru kami berbenah pada awal tahun kami anggarkan untuk pembenah-pembenahan ,kemudian pandemi covid 19 datang dan disana tentunya hampir separo jalan tidak melakukan kegiatan yang maksimal.maka disaat pemerintah pusat membuat terobosan pemulihan ekonomi mulai bergerak lagi dan meminta dan mengajukan kepada
Pada kesempatan tersebut, Bupati Anna Muawanah mengucapkan terima kasih kepada Menpan RB yang berkenan meresmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro.
"Pagi hari ini Pemkab Bojonegoro sungguh merasa bangga dan merasa senang Pak Menteri bisa memberikan perhatian kepada Bojonegoro untuk peresmian MPP ini," kata Bupati Anna Muawanah.
Bupati menjelaskan bahwa dengan adalnya MPP tersebut tentunya akan memberikan pelayanan yang tidak bertele-tele, cepat, tepat, dan nyaman.
ADVERTISEMENT
"Terkait standarisasinya, kami terus memohon bantuan dari Kemenpan RB dan Ibu Deputi. Jangan lelah terhadap masukan-masukan dari kami," kata Bupati.
Di akhir sambutannya Bupati mengungkapkan bahwa Pemkab Bojonegoro akan terus mengupayakan terhadap integrasi sistem yang berbasis digitalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
"Tentunya dengan MPP secara digitalisasi ini sangat penting sekali dalam memberikan pelayanan termasuk juga untuk promosi investasi yang ada di Bojonegoro," kata Bupati Anna Muawanah.
Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Bojonegoro (298837)
Menpan RB Tjahjo Kumolo, saat beri sambutan dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bojonegoro. Selasa (06/04/2021) (foto: dan/beritabojonegoro)
Menpan RB Tjahjo Kumolo, dalam sambutannya berharap dengan diresmikannya Mal Pelayanan Publik Kabupaten tersebut layanan publik di Bojonegoro ikut bertransformasi, dimulai dengan mengubah kebiasaan service by dokumen, menjadi service dengan e-government, yang ditingkatkan menjadi smart government, yang mengubah kepuasan masyarakat menjadi kebahagiaan masyarakat.
ADVERTISEMENT
dengan di resmikan MPP ini saya berharap layanan publik di bojonegoro ikut bertransformasi dimulai dengan kebiasaan service by dokumen menjadi service dengan egovermant dengan di tingkatkan menjadi smart goverment merubah kepuasan masyarakat menjadi kebahagiaan masyarakat ,
"Dengan diresmikan MPP ini saya berharap masyarakat yang masuk mall ini sekali jalan, sehari selesai." tutur Menpan RB.
Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa MPP yang di rintis oleh Kemenpan RB bukan sekadar gedung yang terpadu dan formalitas saja, tetapi bagaimana bisa memasukkan di dalamnya berbagai layanan yang tidak sekadar mewah seperti layaknya pusat perbelanjaan, tapi MPP satu atap yang menghilangkan ego sekrotal.
"Saya kira ini yang menjadi simbol pemerintah yang cepat dan hadir di tengah-tengah masyarakat. Kami apresiasi kepada ibu Bupati bahwa secara prinsip selamat dan sukses atas terwujudnya MPP ini," kata Tjahjo Kumolo
ADVERTISEMENT
Di akhir sambutannya Menpan RM berpesan dengan peresmian mal pelayanan publik Bojonegoro tersebut dapat dipergunakan teknologi dan transformasi digital dan penggunaan teknologi informasi terlebih di masa pandemi COVID-19,
Tjahjo Kumolo berpesan kepada jajaran pemda dan kecamatan serta OPD, agar menghilangkan ego sektoral antar perangkat daerah dan instansi.
"Bangun kerja sama, budaya melayani, dan tunjukkan bahwa pemerintah hadir memberikan pelayanan yang prima. Terus update dan membangun inovasi-inovasi agar kemudahan, percepatan, kepastian hukum, memberikan layanan yang terbaik bisa terwujud dengan baik," kata Tjahjo Kumolo.
Untuk diketahui, pada Rabu (09/01/2019) lalu, telah dilaksanakan Soft Launching Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bojonegoro.
Sementara, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bojonegoro saat ini menampung 28 instansi pelayanan baik yang berasal dari Pemkab Bojonegoro, instansi pusat di daerah, kepolisian, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara, dan instansi pelayanan lain yang ada di Kabupaten Bojonegoro. (dan/imm)
ADVERTISEMENT
Reporter: Dan Kuswan SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Story ini telah dipublish di: https://beritabojonegoro.com