kumparan
15 Oktober 2019 12:39

YKIB Adakan Konsultasi dan Pemeriksaan Gigi Gratis bagi Siswa

1015 YKIB 01.jpg
Pemeriksaan gigi gratis bersama di Rumah Belajar Kampung Ilmu Bojonegoro. Selasa (15/10/2019).
Bojonegoro – Bimbel Gugusan Bintang Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB) mengadakan konsultasi kesehatan gigi dan pemeriksaan gigi gratis bersama drg Dien Ariani di Rumah Belajar Kampung Ilmu. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada siswa-siswi yang belajar di bimbel Gugusan Bintang YKIB tersebut.
ADVERTISEMENT
Drg Dien Ariani sehari-hari bekerja sebagai dokter gigi di Rumah Sakit Umum Padangan. Ia menyempatkan waktu untuk berbagi ilmu dan memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak-anak karena ingin agar anak sadar akan pentingnya kesehatan gigi sejak usia dini.
“Kesehatan gigi harus dimulai dari kecil. Kalau terbiasa membersihkan gigi, menjaga kesehatan gigi sejak kecil, maka gigi anak-anak ini akan sehat sampai kelak mereka besar,” ujar drg Dien saat memberikan penyuluhan kesehatan gigi di hadapan anak-anak dan orang tuanya, Selasa (15/10/2019).
Menurutnya, gigi pada anak-anak mengalami masa pertumbuhan yang cepat. Sehingga, kata dia, wajar apabila gigi anak ada yang copot. “Tetapi, gigi anak juga mudah berlubang kalau tidak dijaga kesehatannya. Kalau sudah sakit, tentu akan mengganggu kegiatan belajarnya,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ia memberikan tips bagaimana menjaga kesehatan gigi yaitu dengan membersihkan gigi pada waktu yang tepat. Yakni, kata dia, membersihkan atau menyikat gigi usai sarapan dan membersihkan gigi sebelum tidur malam. “Kalau mau sikat gigi saat mandi ya boleh saja. Tetapi yang utama adalah usai sarapan pagi dan sebelum tidur,” ujarnya.
Selain memberikan penyuluhan kesehatan gigi, ia juga langsung memeriksa kondisi kesehatan gigi anak-anak yang belajar di Rumah Belajar Kampung Ilmu. Ia meminta anak-anak membuka mulut satu-satu lalu diperiksa kondisi kesehatan giginya. Kebanyakan anak-anak yang diperiksa giginya berlubang, gigi goyang, gigi renggang, gigi berkarang, dan gigi kurang bersih.
“Untuk gigi yang berlubang sebaiknya segera dicabut agar tidak sakit di kemudian hari. Nanti bisa datang ke puskesmas atau ke rumah sakit untuk periksa dan ditangani dokter gigi,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu menurut Manajer Bimbel Gugusan Bintang YKIB, Ibu Frensi Agustina, S.Pd, konsultasi dan pemeriksaan gigi gratis ini diadakan untuk meningkatkan pelayanan kepada siswa-siswi yang belajar di Rumah Belajar Kampung Ilmu.
“Kalau kondisi kesehatan gigi anak-anak ini sehat maka mereka akan dengan nyaman dan giat untuk belajar,” ujarnya. (*/kik)
Reporter: Muhammad Roqib
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Artikel ini telah terbit di: https://beritabojonegoro.com
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan