Pencarian populer

KPK Langsung Tahan Dua Hakim PN Jaksel

Jakarta (beritajatim.com) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan dua hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beserta satu orang panitera pengganti. Penahanan dilakukan setelah ketiganya ditetapkan sebagai tersangka menyusul operasi tangkap tangan yang dilakukan petugas KPK.

Kedua hakim yang dimaksud adalah Iswahyu Widodo dan panitera pengganti PN Jaktim Muhammad Ramadhan. Mereka menjadi tersangka penerima suap terkait putusan perkara perdata. Adapun tersangka pemberi suap adalah Arif Fitrawan dan Martin P Silitonga.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, Muhammad Ramadhan ditahan di rumah tahanan POMDAM Jaya Guntur, Irwan di rutan Cipinang, Arif di rutan Polres Metro Jakarta Selatan, dan Iswahyu Widodo di Polres Metro Jakarta Timur. Adapun Martin tengah menjalani penahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. "Ditahan selama 20 hari pertama pertama," kata Febri, Kamis (29/11/2018).

Seperti diketahui, diduga pemberian uang terkait dengan penanganan perkara perdata dengan penggugat Isrulah Achmad dan tergugat Williem JV Dongen dan turut tergugat PT Asia Pacific Mining Resources. Gugatan perdata ini terkait pembatalan perjanjian akuisisi PT CLM (PT Citra Lampia Mandiri) oleh PT APMR di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan ini didaftarkan pada 26 Maret 2018.

Pengacara Arif Fitrawan disebut KPK menitipkan uang SGD 47 ribu atau setara dengan Rp 500 juta kepada Muhammad Ramadhan (MR) untuk diserahkan kepada majelis hakim. Diduga sebelumnya majelis hakim telah menerima uang Rp 150 juta dari Arif melalui Ramadhan untuk mempengaruhi putusan sela agar tidak diputus NO yang dibacakan pada bulan Agustus 2018 dan disepakati akan menerima lagi Rp 500 juta untuk putusan akhir. KPK juga mengidentifikasi kode suap menggunakan sebutan 'ngopi'. [hen/suf]

jakarta (beritajatim.com) - komisi pemberantasan korupsi (kpk) langsung menahan dua hakim pengadilan negeri jakarta selatan beserta satu orang paniter
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33