PPI Dunia Buka Pendaftaran Kelas Inspirasi bagi Seluruh Pelajar Indonesia

PPI Dunia
PPI Dunia adalah wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.
Konten dari Pengguna
16 Februari 2024 15:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari PPI Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
PPI Dunia Buka Pendaftaran Kelas Inspirasi bagi Seluruh Pelajar Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Program Kelas Inspirasi Pendidikan Dunia (KASI PANDU) mulai membuka pendaftaran bagi pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di seluruh Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan perorangan siswa/i atau wali murid, atau kolektif oleh sekolah melalui tautan registrasi yang bisa diakses melalui akun Instagram @ppidunia atau @kasi_pandu. Periode pendaftaran dari 15-24 Februari 2024. Program ini juga membuka kesempatan bagi para guru untuk ikut mendaftar sebagai pendamping muridnya dalam kelas-kelas inspirasi.
ADVERTISEMENT
KASI PANDU menawarkan kesempatan interaksi langsung secara daring antara pelajar kelas 4-12 beserta gurunya dengan para diaspora pelajar dan praktisi dari berbagai belahan dunia. Peserta akan mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan dengan referensi pendidikan berbagai negara dari para mentor penggerak yaitu para diaspora Indonesia. Selain itu, para siswa juga bisa berinteraksi dengan sesama pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Program ini bisa menjadi alternatif kegiatan Merdeka Belajar di sekolah-sekolah Indonesia.
Selama proses belajar atau mentoring, setiap kelas juga akan ditemani para mentor pendamping, yaitu para mahasiswa Indonesia di Tanah Air. Tak kurang dari 70 orang mentor penggerak dan mentor pendamping sudah terdaftar dan siap berbagi pengalaman dengan para peserta. KASI PANDU akan memberikan sertifikat hasil belajar dengan rekapitulasi jam belajar kepada para siswa dan guru, yang mengikuti kegiatan ini secara lengkap. Durasi belajar selama tujuh pekan setara setengah semester akademik.
ADVERTISEMENT
KASI PANDU akan menyajikan materi sesuai jenjang pendidikan siswa. Konten pendidikan karakter dan keterampilan dasar akan diberikan kepada peserta kelas 4-kelas 6, pengayaan materi dasar sains, teknologi, matematika, dan sosial humaniora untuk kelas 7-kelas 9, serta pengayaan lanjutan dan aplikasi STEM (Science, Technology, Engineering, Math), dan sosial humaniora bagi kelas 10-kelas 12. Program ini juga akan memberikan deskripsi pembelajaran di negara maju, serta informasi kesempatan belajar di luar negeri. Selain itu, para diaspora, praktisi ahli, dan influencer pendidikan akan ikut membagikan inspirasi dan motivasi belajar dalam program yang baru pertama kali diselenggarakan PPI Dunia ini. (HFP).