PPI Turki Kabinet Bumi Inspirasi Berhasil Menelurkan Tiga Buah Buku

PPI Dunia adalah wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.
Konten dari Pengguna
3 Maret 2022 0:04
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari PPI Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pada tanggal 12 Februari 2022, alhamdulillah PPI Turki telah menutup serangkaian program kerja selama setahun periode kepengurusan. Ada beberapa catatan manis yang telah ditorehkan oleh PPI Turki periode 2021/2022, yang diketuai oleh mahasiswa pasca sarjana, Hilda Farida, wakil ketua Hilmy Prilliadi, dan Sekretaris Jenderal Naufa Hanif. Salah satu diantaranya yaitu penerbitan buku. Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, juga kontribusi yang luar biasa dari berbagai pihak, PPI Turki berhasil menelurkan tiga buah karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Berikut rincian penjelasan dari ketiga buah buku tersebut.
PPI Turki Kabinet Bumi Inspirasi Berhasil Menelurkan Tiga Buah Buku (345666)
zoom-in-whitePerbesar
1. Buku Diaspora Muda PPI Turki
ADVERTISEMENT
Sejalan dengan terus menigkatnya jumlah pelajar Indonesia di Turki, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki) menyadari keberadaan pelajar Indonesia di luar negeri adalah faktor kunci dari migrasi pengetahuan. Baru-baru ini juga ada kecenderungan untuk mendorong pelajar yang berpendidikan di luar negeri untuk kembali dan/atau terlibat dengan negara asal mereka dari jauh. Pergeseran ini mencerminkan pengakuan negara-negara atas mobilitas pelajar internasional di mana mereka jarang berpindah secara permanen dari satu negara ke negara lain. Sebaliknya, mereka cenderung mempertahankan hubungan yang signifikan dengan negara asal mereka dan, dalam prosesnya, memberi negara-negara peluang untuk memanfaatkan ikatan tersebut. PPI Turki melihat kondisi ini sebagai potensi dalam menggerakan para pelajar Indonesia di Turki untuk segera memberikan buah pikir mereka dan mengamnil peran bagi Indonesia bahkan sejak masih dalam masa perkuliahan.
PPI Turki Kabinet Bumi Inspirasi Berhasil Menelurkan Tiga Buah Buku (345667)
zoom-in-whitePerbesar
Kita sebagai pelajar sudah tentu memiliki peran besar dalam penyebaran ilmu pengetahuan, nilai budaya dan sosial. Berangkat dari kondisi tersebut, PPI Turki bergerak membuka jalan bagi pelajar Indonesia di Turki untuk berkarya melalui Buku Diaspora Muda PPI Turki. Kolaborasi antara PPI Turki dan para pelajar berhasil membuahkan buku perdana dan diharapkan menjadi inspirasi bagi lahirnya karya-karya akademis PPI Turki lain di masa depan. Buku “Diaspora Muda PPI Turki” merupakan bunga rampai yang mengakomodir karya pelajar di bidang sains-teknologi, filsafat keagamaan, dan kesehatan. Mengingat juga semakin pentingnya menempatkan 'internasionalisasi' dalam sektor pendidikan tinggi telah memiliki efek memposisikan pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia sebagai 'perantara pengetahuan transnasional' dan mampu membentuk hubungan yang sangat berharga antara para akademisi dan pekerja pengetahuan lainnya di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Diaspora Muda PPI Turki menjadi literatur yang membahas pelajar Indonesia dalam hal 'pengetahuan' dan kontribusi yang dapat diberikan gerakan pelajar terhadap perdebatan seputar mobilitas dan diaspora pengetahuan. Buku ini menjadi kontribusi PPI Turki untuk perolehan dan pertukaran pengetahuan sekaligus wujud memaksimalkan peran penting pelajar dalam diaspora pengetahuan. Melalui buku ini pula, mobilitas akademik pelajar Indonesia ke Turki di masa kini bisa menjadi salah satu faktor untuk memainkan peran kunci dalam mengintegrasikan Indonesia ke dalam komunitas ilmiah internasional, dan memungkinkannya menjadi sumber penting kolaborator internasional bagi akademisi Indonesia dan Turki.
2. Student’s Handbook: Turkey and the Cities
Student’s Handbook: Turkey and the Cities merupakan karya kolaborasi PPI Turki bersama seluruh PPI Wilayah se-Turki dalam memberikan panduan informasi kepada seluruh pelajar tentang persiapan kedatangan sampai dengan kehidupan di Turki mulai dari aspek akademis sampai dengan destinasi wisata di berbagai kota. Mengingat Turki terus berkembang sebagai destinasi studi bagi pelajar internasional, jumlah mahasiswa internasional di universitas-universitas Turki juga telah tumbuh pesat dalam dekade terakhir. Upaya internasionalisasi yang dilakukan oleh pemerintah dan universitas Turki saat ini berpotensi menjadikan Turki sebagai tujuan yang lebih menarik bagi mahasiswa internasional, terutama Indonesia. PPI Turki mencatat ratusan pelajar Indonesia hadir ke Turki dari berbagai jenjang pendidikan. PPI Turki juga mencermati bahwa pertumbuhan yang luar biasa ini hadir tidak hanya sebagai peluang, namun juga menghadirkan tantangan yang patut mendapat perhatian.
PPI Turki Kabinet Bumi Inspirasi Berhasil Menelurkan Tiga Buah Buku (345668)
zoom-in-whitePerbesar
Berkat kerja keras seluruh PPI Wilayah dalam menyediakan informasi pendidikan di berbagai wilayah Turki, buku panduan ini menjadi jawaban atas tantangan utama sehingga para pembaca bisa mendapat panduan dan informasi yang memadai selama proses sebelum dan sesudah kedatangan di Turki. Seiring jalan, Turki terus menaungi semakin banyak pelajar Indonesia, selama itu pula para pelajar Indonesia perlu mendapat akses informasi yang mudah dalam setiap tahap kegiatan akademik mereka termasuk proses sebelum kedatangan, pendaftaran kuliah, akomodasi dan izin tinggal, serta kehidupan sosial lainnya.
ADVERTISEMENT
Implikasi penting dari potensi dan tantangan ini adalah agar pertumbuhan ini berkelanjutan, lebih banyak sumber daya harus disediakan untuk dukungan yang ditujukan demi membantu pelajar Indonesia dalam menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan dan kehidupan sosial baru di Turki. Buku ini adalah langkah nyata PPI Turki dalam kolaborasi bersama seluruh PPI Wilayah dalam menyesuaikan diri dengan meningkatnya jumlah pelajar Indonesia di Turki. Kebermanfaatan buku panduan ini adalah sebuah kehormatan bagi seluruh pelajar Indonesia di Turki dan tentu saja kami berharap karya ini menjadi bentuk gerakan membumikan PPI dan inspirasi bagi kawan-kawan untuk memulai langkah pendidikan di Turki. Sesuai dengan semangat PPI kali ini untuk membumi dan menginspirasi.
3. Buku Terjemah “Jejak Peradaban Wakaf”
ADVERTISEMENT
Selain dua buku diatas, PPI Turki periode 2021/2022 melalui para mentor dari Klaster Ilahiyat dan Ekonomi Pusat Studi PPI Turki (Puspitur) telah berhasil menelurkan sebuah buku terjemahan dari buku asli yang berjudul Tarihte Ilginç Vakıflar. Buku ini berisi berbagai kisah terkait wakaf-wakaf yang diterapkan di zaman Kekaisaran Selcuk hingga Utsmani.
PPI Turki Kabinet Bumi Inspirasi Berhasil Menelurkan Tiga Buah Buku (345669)
zoom-in-whitePerbesar
Jika menengok ke belakang Kekaisaran Turki Utsmani yang berdiri kurang lebih selama 622 tahun itu, menyimpan banyak sekali hikmah yang dapat kita telaah dan pelajari. Bisa kita bayangkan betapa besarnya dana APBN yang perlu disiapkan oleh kekaisaran Utsmani saat itu dimana wilayah kekuasaannya menjangkau tiga benua dan 40 negara Islam. Disinilah kita menjadi menerka-nerka bagaimana kekaisaran sebesar itu menghidupi warganya termasuk bagaimana mereka membangun infrastruktur dan berbagai pembangunan lainnya. Jawabannya adalah wakaf.
ADVERTISEMENT
Dalam buku ini aslinya yang terdiri dari 2 jilid tersebut kurang lebih ada 174 kisah menarik yang begitu dekat dengan kehidupan kita sehari hari. Dari sekian kisah yang ada, kami membaginya dalam 3 jilid buku. Insya Allah dalam edisi buku yang perdana ini membahas tentang Pendidikan, Kesehatan dan Sosial Kemasyarakatan.
Salah satu bentuk wakaf di bidang Kesehatan yang menarik untuk dibahas adalah bagaimana sebuah wakaf dapat memenuhi kebutuhan para pasien dan orang-orang sakit di rumah sakit. Wakaf yang bernama Wakaf Ahmed Efendi ini berlokasi di Izmir dan beroperasi pada tahun 1311 H/1893 M. Wakaf ini memberikan bantuan sandang dan pangan, juga menyediakan layanan rawat inap, kebutuhan obat-obatan bagi pasien yang membutuhkan. Bahkan dokter dokter juga dikirim utus ke beberapa rumah bila hal itu diperlukan. Secuil kisah wakaf tersebut membuat para pembaca berdecak kagum bagaimana wakaf mampu memberikan banyak maslahat dan manfaat bagi masyarakat saat itu.
ADVERTISEMENT
PPI Turki yang berkedudukan di Turki ini memiliki tanggung jawab moral untuk turut menyebarluaskan dan mengedukasi masyarakat luas terkait indah dan bermanfaatnya wakaf. PPI Turki dan Puspitur juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penerbitan buku ini, seperti Vakıflar Genel Müdürlüğü (Direktorat Jenderal Urusan Wakaf) yang telah memberikan izin kepada kami untuk menerjemahkan buku dalam bahasa Indonesia, International Center for Awqaf Studies (ICAST) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang telah berkenan menjadi kolaborator sekaligus penasihat.
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan teriring harap, semoga ketiga buku diatas yang diterbitkan oleh PPI Turki dapat memberi inspirasi dan manfaat bagi para pembaca sekalian. Baik yang ingin mengetahui gagasan para diaspora pelajar di Turki, bagaimana serba serbi informasi menarik di berbagai kota di Turki, maupun bagaimana penerapan wakaf dalam menghidupi seluruh sendi kehidupan.
ADVERTISEMENT
Salam Perhimpunan!
Salam Membumi, Menginspirasi!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020