kumparan
10 Mei 2019 10:58 WIB

Berikut, Tips dari Dinkes Memilih Kudapan Takjil Sehat

Reporter: Nidya Marfis H.
blokTuban.com - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan selalu dinanti kaum muslim. Di Bulan Ramadan ini hampir semua daerah termasuk di Tuban, menjelang waktu berbuka berubah menjadi pasar dadakan yang menjual kudapan untuk berbuka puasa. Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mempunyai tips untuk memilih menu buka yang sehat.
ADVERTISEMENT
Saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com Seketaris Dinkes Tuban, Endah Nurul menjelaskan, ada beberapa hal yang patut dicermati saat akan membeli kudapan untuk berbuka yang ada di pinggir jalan. Apabila ingin membeli makan atau minuman pililah yang disajikan di wadah tertutup atau makan yang sudah dibungkus. Karena, makan atau pun minuman yang disajikan terbuka dan dijual dipinggir jalan akan terkontaminasi dengan asap kendaraan yang lewat dan debu yang berterbangan di udara sekitar.
"Harus lebih cermat dalam memilih makanan dan minuman yang higienis," ungkap Endah.
Lebih lanjut, waspadai warna dari makanan dan minuman yang akan dibeli, warna yang mencolok belum tentu terbuat dari bahan alami. Sebab, jika memakai pewarna alami makanan atau minuman biasanya memanfaatkan kunyit untuk warna kuning, merah terbuat dari wortel, stroberry, tomat dan cabe. Hijau terbuat daun dan ungu terbuat dari buah naga, warna alami akan cirinya warna tidak terlalu mencolok dan beraroma seperti bahan alami yang digunakan.
ADVERTISEMENT
"Kalau masakan kebanyakan masih menggunkan bahan alami," ungkapnya.
Ia menambahkan, apabila tidak terlalu mempunyai kesibukan alangkah baiknya memasak sendiri, karena lebih tahu persis mulai dari pemilihan bahan, proses pengolahan sampai hasil jadinya. [nid/col]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan