kumparan
9 Mei 2019 18:23 WIB

KUD Taman Padi Terima Bantuan Mesin Pembuat ES dari KKP

Reporter: Nidya Marfis H.
blokTuban.com - Koperasi Unit Desa (KUD) Taman Mina Padi, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. mendapatkan bantuan mesin ice flake dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (8/5/2019)
ADVERTISEMENT
Ketua RT.02/RW.01 sekaligus Pengurus KUD Taman Mina Padi, Joko Nuratno Widodo mengatakan, selama ini warga di desanya memang membutuhkan es batu. Karena, termasuk wilayah pesisir yang dan selalu mengalami kekurangan es karena digunakan untuk merendam ikan agar tetap segar.
"Di sini sudah banyak yang jual es batu, tapi masih belum mencukupi," ungkap Widodo.
Lebih lanjut, setelah melakukan kosultasi dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan, pihaknya langsung membuat proposal untuk diajukan ke kementerian.
"Setelah mengajukan tidak beberapa lama langsung mendapatkan respon," ungkapnya.
Ia menjelaskan, ice flake merupakan mesin untuk pembuat ice batu yang berkapasistas 1,5 ton dan di daerah Tuban kota, baru ada pertama kalinya. Hasil ice dari mesin ini berupa pecahan tapi tidak tajam sehingga sangat cocok untuk ikan juga ice yang dihasilkan dari mesin ini cepat menstabilkan suhu, untuk itu target utama penjulan ice flake ini pedagang ikan yang berada di sekitar Kelurahan Karangsari.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, untuk nelayan yang akan melaut, ice flake ini belum cocok karena tidak tahan lama apabila tidak ditampung terlebih dahulu ke dalam freezer box.
"Walapun belum mencukupi tapi setidaknya, dapat meminimalisir kekurangan," pungkasnya.
[nid/lis]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan