BPIP - Kemendagri Dorong Pemda Perkuat Purnapaskibraka Duta Pancasila

17 September 2021 10:13
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
BPIP - Kemendagri Dorong  Pemda Perkuat Purnapaskibraka Duta Pancasila (133513)
searchPerbesar
Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, RIma Agristina (Kanan) saat menjai pembicara Webinar BPIP dengan Kemendagri
Jakarta, Badan Pembinaan Ideologi (BPIP) bersama-sama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong agar program Purnapaskibraka Duta Pancasila dapat dilaksanakan di wilayah propinsi maupun Kota/Kabupaten.
ADVERTISEMENT
Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina mengungkapkan bahwa Purnapaskibraka Duta Pancasila sudah ditetapkan ditingkat Pusat, dan segera menyusul penetapan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Menurutnya Purnapaskibraka Duta Pancasila merupakan kekuatan Sishankamrata yang dapat menjaga Pancasila dan NKRI yang merupakan Putra Putri terbaik Indonesia sebagai Pandu Ibu Indonesia yang berpancasila.
"Peran Pemda diharapkan dapat memperkuat dalam pembinaan Purnapaskibraka Duta Pancasila di daerah,” ujar Rima saat membuka kegiatan webinar bertemakan “Peran Pemerintah Daerah Dalam Rangka Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) melalui Program Paskibraka”, Kamis,(16/9).
Diskusi dilaksanakan tiga rapat webinar yang diikuti Pemerintah Daerah yang dikelompokkan berdasarkan wilayah yaitu Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, untuk memudahkan waktu pelaksanaan webinar.
ADVERTISEMENT
Disampaikannya banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan sebagai contoh mengaktualisasikan Pancasila dalam tindakan atau pengarustamaan Pancasila di tengah masyarakat, antara lain seperti permainan dan olahraga tradisional, seni tari dan budaya, kuliner nusantara dan sebagainya.
"Internalisasi Pancasila melalui konten kebajikan dalam bermedia sosial dan literasi digital, serta internalisasi melalui giat moderasi beragama dan penguatan toleransi," pungkas Rima.
Sementara itu, Direktur Bina Ideologi, karakter, dan wawasan Kebangsaan (BIKWK) Drajat Wisnu Setyawan menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan yang melimpah dan letak geografis yang sangat strategis serta memiliki potensi keberagaman kebudayaan dan kebhinekaan. Pancasila adalah filsafat dasar dan ideologi negara yang pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. “Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia merupakan seperangkat nilai yang menjadi pandangan hidup (way of life) bagi negara Indonesia.”jelasnya.
ADVERTISEMENT
Drajat menegaskan bahwa Pancasila membentuk nilai perilaku diri yang dapat dilihat pada tiap-tiap sila, Pancasila merupakan sebuah korelasi kegiatan berperilaku di masyarakat mulai dari sila 1 hingga ke sila 5. Mengingat bangsa Indonesia multikultural dan plural, maka banyak muncul hoax, hate speech yang ditandai masyarakat mudah terprovokasi dengan isu sara yang menyebabkan konflik antara sesama bangsa. Isu-isu dimaksud akan menumbuhsuburkan potensi dan praktek intoleransi dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan munculnya pihak pihak yang menutup diri dari lingkungan masyarakat sekitarnya.
“Satu strategi mencegah tindakan intoleransi dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila melalui Perpres No.13 tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.”jelasnya.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan yang sama Direktur Perencanaan Anggaran daerah, Kemendagri, Bahri menyampaikan terkait peran strategis Kemendagri dalam mendukung Program Pembinaan Ideologi Pancasila terkait dukungan anggarannya. Terkait dengan Bidang Urusan PIP Berdasarkan Kemendagri 050-3708 Tahun 2020 terdapat 4 (empat) unsur yaitu Kepemudaan dan Olahraga, Sekretariat Daerah, Unsur Kewilayahan/Kecamatan dan Unsur Pemerintahan Umum/Kesatuan Bangsa dan Politik.
Kepemudaan dan Olahraga meliputi penyelenggaraan seleksi dan pelatihan Paskibraka. Sekretariat Daerah meliputi kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Pelaksanaan Acara, dan Pengelolaan Hubungan Keprotokolan. Sedangkan Unsur Kecamatan (Kab/Kota) meliputi Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional dalam rangka Memantapkan Pengamalan Pancasila, Pelaksanaan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pelestarian Bhinneka Tunggal Ika Serta Pemertahanan dan Pemeliharaan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Fasilitasi, Koordinasi dan Pembinaan (Bimtek, Sosialisasi, Konsultasi) Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional.
ADVERTISEMENT
Kesbangpol meliputi Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan dan Pelaksanaan Koordinasi di Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan. Uraianya.
Givfy Magdalena mewakili Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah, Kemendagri dalam diskusi siang bersama dengan Pemda wilayah Indonesia Tengah menjelaskan prosedur dan mekanisme pengajuan anggaran Pemda dalam PIP termasuk siklus penyusunan APBD secara detil. Dalam diskusi juga terungkap dengan mempertimbangkan pelaksanaan Perpres 13 Tahun 2021 dimaksud dan program PIP lebih terintegrasi antara Pusat dan Daerah, maka disarankan pengajuan anggaran bagi Pemda untuk mendukung pelaksanaan program Paskibraka untuk tahun anggaran 2022, termasuk kemungkinannya pengalokasian anggaran dalam mekanisme bentuk lainnya.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020