Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Dari Hobi Desain 3D Bisa Menjadi Uang: Desain 3D Sebagai Pemasukan Pasif
30 Mei 2024 8:41 WIB
·
waktu baca 6 menitTulisan dari Bryan Adi Nugraha tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Kini desain 3D dapat memberikan peluang sebagai freelancer! Ayo simak artikel ini agar kalian dapat tahu tips dalam mendapatkan cuan dari mendesain 3D!
Apa itu desain 3D?
ADVERTISEMENT
Dalam era digital yang serba canggih saat ini, hobi yang dahulu hanya menjadi sarana pengisi waktu luang kini memiliki potensi untuk menjadi sumber pemasukan yang menguntungkan. Salah satu hobi yang berkembang pesat dan menawarkan peluang tersebut adalah desain 3D. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan konten visual berkualitas tinggi di berbagai industri, kemampuan dalam mendesain objek 3D telah menjadi aset berharga, baik secara virtual maupun realita. Banyak individu yang awalnya menggeluti desain 3D sebagai hobi kini mampu mengubahnya menjadi sumber pemasukan. Pada arrtikel ini, saya akan mengulas bagaimana hobi desain 3D dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pendapatan pasif, apa saja langkah-langkah yang diperlukan?, serta menggali berbagai peluang yang tersedia di pasar. Dengan demikian, wawasan kita terhadap pengoptimalan keterampilan desain 3D dapat digunakan untuk menghasilkan uang, sembari tetap menikmati proses dalam bekerja di kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Mengenal 3D Design Visual dengan Blender dan Unreal Engine
Desain 3D visual adalah salah satu bidang kreatif yang menawarkan berbagai peluang, baik untuk hobi maupun karier profesional. Dua alat yang sangat berpengaruh dan populer dalam dunia desain 3D adalah Blender dan Unreal Engine.
a) Blender
b) Unreal Engine
ADVERTISEMENT
Mengenal 3D Design dengan Fusion360
ADVERTISEMENT
Fusion360 menawarkan berbagai material alat desain yang canggih dan banyak untuk membuat model 3D yang presisi dan sesuai dengan spesifikasi aslinya. Perangkat lunak ini sangat ideal untuk merancang prototipe produk, komponen mekanis, dan berbagai objek lainnya yang memerlukan akurasi tinggi.
Komunitas Fusion360 gratis memberikan akses ke berbagai fitur penting tanpa biaya, sehingga memberikan kemungkinan kalian untuk memulai proyek 3D printing tanpa investasi awal yang besar. Ini sangat menarik bagi penghobi, pelajar, atau profesional yang ingin mengeksplorasi potensi 3D printing tanpa harus khawatir tentang biaya perangkat lunak.
Cara Memulai Belajar Menggunakan Software 3D Design Visual atau 3D Print
Dalam memulai perjalanan sebagai desainer 3D, diperlukan pendekatan yang tepat dari sumber daya yang tersedia. Kalian dapat menguasainya dalam waktu singkat. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti untuk memulai belajar menggunakan software 3D design visual atau 3D printing:
ADVERTISEMENT
Langkah 1: Pilih Perangkat Lunak yang Sesuai
Tentukan perangkat lunak yang ingin dipelajari berdasarkan tujuan kalian:
• Blender: Ideal untuk animasi, model game, dan visualisasi efek.
• Unreal Engine: Bagus untuk visualisasi interaktif dan simulasi.
• Fusion360: Sempurna untuk desain produk, prototipe mekanis, dan 3D printing.
Langkah 2: Manfaatkan Sumber Daya Online
Ada banyak sekali sumber daya belajar online, baik gratis maupun berbayar. Berikut ini contohnya:
• Tutorial YouTube: Platform ini memiliki banyak tutorial mulai dari dasar hingga tingkat professional untuk Blender, Unreal Engine, dan Fusion360.
• Kursus Online: Situs seperti Udemy, Coursera, dan LinkedIn Learning menawarkan kursus lengkap yang mencakup semua aspek perangkat lunak ini.
• Forum dan Komunitas: Bergabunglah dengan komunitas pengguna seperti Blender Artists, Unreal Engine Forum, atau Fusion360 Community untuk mendapatkan tips, berbagi pengalaman, dan mengajukan pertanyaan.
ADVERTISEMENT
Langkah 3: Praktik Secara Rutin
Praktik adalah kunci untuk menguasai keterampilan baru. Mulailah dengan proyek-proyek kecil yang sesuai dengan minat, seperti:
• Membuat model 3D sederhana di Blender melalui platform YouTube.
• Menggunakan referensi model dari GitHub sebagai tahap awal inspirasi 3D.
• Mengimport model dasar ke Unreal Engine dan membuat lingkungan interaktif, dan bisa berpotensi membuat animasi 3D atau game.
• Mendesain objek untuk dicetak dengan Fusion360 dan mencetaknya menggunakan printer 3D melalui vendor lokal ataupun melalui online shop.
Langkah 4: Ikuti Proyek dan Tantangan Online
Banyak platform dan komunitas menyelenggarakan tantangan desain dan proyek kolaboratif yang dapat diikuti untuk menguji keterampilan kalian dan mendapatkan kritik, pengalaman,dan saran dari desainer lain.
Langkah 5: Gunakan Perangkat Lunak Secara Kreatif
Jangan takut untuk bereksperimen dan menggunakan perangkat lunak di luar batas-batas tradisional. Kombinasikan berbagai alat dan teknik untuk menciptakan karya yang unik dan inovatif.
ADVERTISEMENT
Kesimpulan
Desain 3D bukan lagi sekadar hobi, melainkan dapat menjadi ladang untuk berkembang menjadi peluang untuk menciptakan pemasukan pasif yang signifikan. Dengan perangkat lunak seperti Blender, Unreal Engine, dan Fusion360, kalian dapat menjelajahi berbagai bidang dari animasi dan visualisasi hingga 3D printing. Hal yang terpenting dari desain 3D adalah praktik secara konsisten. Dengan memadukan kreativitas dan keterampilan teknis. Kalian dapat menghasilkan karya yang tidak hanya memuaskan secara estetika tetapi juga bernilai komersial. Jadi, mulailah belajar dan berkreasi, dan lihat bagaimana hobi desain 3D dapat berkembang menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan dan menguntungkan untuk diri kita sendiri.
Nah, untuk kalian yang ingin mencoba menjadi desain 3D, ayo mulailah dari sekarang mengembang hobi kalian agar hobi kalian bisa menjadi cuan!
ADVERTISEMENT
Referensi:
[1] Blender 4.1, Animation & Rigging , 2024, (Blender );
[2] Academy of Animated Art, How to Learn Unreal Engine , 2024, (Unreal Engine );
[3] Autodesk, How to Rapidly Generate Design Concepts with Automated Modeling in Fusion 360, 2022, (Autodesk );